Erabaru.net. Tidak diragukan lagi, keberadaan hewan liar yang berkeliaran secara bebas di jalanan, di restoran-restoran, halte bus dan gang-ngang pemukiman kadangkala menyebabkan kita sedikit gangguan.

Karena hewan-hewan ini tidak dirawat dengan baik dan cenderung menyebarkan penyakit seperti rabies yang dapat menyebabkan kematian.

(Foto: DNA India)

 

Baru-baru ini, pengguna media sosial dari Irak bernama Aws Al-sewaidi berbagi pengalaman ketika mengunjungi Istanbul, Turki. Pria yang lebih familiar dengan panggilan Aws sangat mengagumi tindakan yang diambil oleh pemerintah setempat dalam menjaga kesejahteraan anjing liar dan terlantar di negara itu.

Lebih mengejutkan lagi, anjing-anjing liar itu tidak memiliki perilaku liar seperti menggonggong dan mengganggu ketenraman masyarakat setempat. Sebaliknya, anjing-anjing ini bisa dibilang justru sangat baik dan dapat ‘bersantai’ di area taman dan tempat beristirahat dengan damai dikelilingi oleh manusia lain.

(Foto: Facebook)

Dengan kata lain, hanya sekilas dari kita adalah bahwa kita berpikir anjing-anjing ini dipelihara dengan baik oleh tuan mereka, sedangkan sebenarnya mereka adalah anjing liar yang bebas bergerak.

Ini adalah kata – kata di laman Facebook Aws yang juga membuat kita semua bersemangat dengan inisiatif pemerintah Turki ini …

“Begitu saya mendekati salah satu anjing, saya melihat ada label di telinga anjing itu dan saya menyadari bahwa label itu ada di sebagian besar anjing yang terlantar di Istanbul. Setelah bertanya kepada publik dan mencari informasi di internet, tampaknya pemerintah telah membentuk sekelompok orang untuk menemukan anjing-anjing jalanan dan membawa anjing-anjing ini ke tempat penampungan untuk dimandikan dan divaksinasi. “

(Foto: Facebook)

Tidak hanya itu, setiap anjing yang memiliki label di telinga juga diberi nama. Dengan label ini, kelompok perlindungan anjing ini dapat melacak semua anjing untuk menyediakan vaksin reguler.

Meskipun Turki adalah salah satu negara padat penduduk, pemerintah peduli dengan kesejahteraan manusia dan tidak lantas mengabaikan kebutuhan hewan yang tak terurus.

(Foto: PPcorn)

Setelah berbagi pengalaman luar biasa di Facebook, starus berbagi ini telah menjadi viral dan dibagikan oleh netizen dari seluruh dunia! Rata-rata, dia memuji kesediaan Pemerintah Turki untuk merawat anjing jalanan dengan penuh kasih walaupun faktanya mayoritas penduduknya adalah Muslim.

Komentar seorang netizen,: “Ini adalah kebenaran. Beberapa pemilik toko akan membiarkan anjing ini tidur di toko mereka selama musim dingin. “

(Foto: BBC News)

Sementara itu, di beberapa negara lain, hewan seperti anjing jalanan dan kucing akan ditangkap dan dibunuh dengan kekejaman dan bahkan disajikan sebagai hidangan untuk masyarakat setempat.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds