CEO iKang Healthcare Group mengungkap praktik-praktik curang di industri screening medis Tiongkok pada Pertemuan Tahunan Pemimpin Bisnis Tiongkok di Beijing pada 2 Desember.

Screening atau penyaringan kasus (Uji Tapis) adalah cara untuk mengidentifikasi penyakit yang belum tampak melalui suatu tes atau pemeriksaan atau prosedur lain yang dapat dengan cepat membedakan antara orang yang mungkin menderita penyakit dengan orang yang mungkin tidak menderita.

“Beberapa pusat pemeriksaan fisik melakukan venipuncture, tetapi mempresentasikan hasil palsu tanpa deteksi apa pun … Banyak pusat pemeriksaan mengizinkan perawat mereka untuk melakukan tugas dokter,” kata Zhang Ligang, CEO iKang Healthcare Group yang terdaftar di Nasdaq.

“Di bidang bisnis kita, ada pemeriksaan fisik yang nyata dan pemeriksaan fisik palsu,” kata Zhang. “Banyak pemilik bisnis memilih pemeriksaan medis termurah (yang palsu) untuk karyawan-karyawan mereka.”

Didirikan oleh Zhang pada tahun 2004, iKang menyediakan pemeriksaan kesehatan, screening dan layanan kesehatan lainnya di Tiongkok daratan. iKang telah melakukan pemeriksaan fisik untuk lebih dari enam juta orang Tiongkok pada tahun 2017 melalui 118 pusat pemeriksaan di 35 kota, ia telah menjadi salah satu dari tiga perusahaan pemeriksaan medis terbesar di Tiongkok. iKang telah terdaftar di Nasdaq sejak 2014.

Zhang mengatakan bahwa banyak orang melakukan tes darah untuk screening kanker, dan di pusat pemeriksaan medis berbiaya rendah, perawat hanya akan mengambil darah dan tidak akan melanjutkan untuk melakukan tes yang sebenarnya.

“Prevalensi kanker adalah 0,3 persen (di Tiongkok), yang berarti tingkat kesalahan diagnosis tertinggi dari tes darah akan menjadi 0,3 persen jika pusat pemeriksaan medis tidak melakukan tes pada sampel darah.”

Zhang mengatakan bahwa 0,3 persen tidak tinggi, dan sangat sedikit orang akan mempertanyakan pusat pemeriksaan medis tersebut.

“Beberapa pusat pemeriksaan fisik tidak menganggap serius layanan mereka…. Setelah mereka menerima klien, mereka akan bermain trik untuk menipu mereka demi uang,” kata orang dalam pada media resmi Tiongkok Xinhua Net pada bulan Mei.

Huang, 45 tahun, tinggal di kota Changchun, Provinsi Jilin Tiongkok timur laut. Pada bulan Mei, ia melihat iklan promosi dari rumah sakit wanita setempat yang menawarkan 29 yuan ($4,21) untuk 10 tes ginekologi. Huang pergi ke rumah sakit tersebut untuk diperiksa dan dia didiagnosis dengan erosi serviks yang parah dan penyakit lainnya. Kemudian dia membayar 700 yuan untuk diagnosis lebih lanjut.

Huang menolak perawatan dari rumah sakit tersebut yang akan memakan biaya 7.000 yuan. Jadi dia pergi ke rumah sakit ternama untuk mendapatkan pemeriksaan kedua, ternyata Huang sehat.

Ketika kata kunci “promosi pemeriksaan fisik” dimasukkan ke dalam mesin pencari (Tiongkok), banyak iklan menarik dari seluruh Tiongkok bermunculan. Dan di media sosial, ada banyak cerita yang mirip dengan pengalaman Huang.

Wang, 42 tahun, tidak seberuntung itu.

Wang adalah pemimpin tim dari perusahaan yang dikelola negara di kota Hangzhou di Provinsi Zhejiang Tiongkok timur. Dia baru-baru ini didiagnosis kanker kolorektal fase IV, menurut berita Sina.

Pada Juni, Wang menjalani pemeriksaan fisik di pusat medis dan menerima diagnosis sehat, menurut Qianjiang Evening News. Segera setelah itu, Wang mulai menderita sakit perut, dan pada bulan November dia pergi ke Rumah Sakit Rakyat Zhejiang, sebuah rumah sakit terkemuka di Hangzhou, di mana dia didiagnosis menderita kanker kolorektal.

Hu Peiying, direktur pusat promosi kesehatan rumah sakit, mengatakan pemeriksaan fisik Wang tidak cukup.

“Wang memiliki riwayat keluarga kanker kolorektal. Dia harus lebih fokus pada pemeriksaan fisik usus besar dan rektum. Sebagai contoh, dia dapat menjalani tes screening kolonoskopi,” kata Hu kepada Evening News Qianjiang.

Beijing News melaporkan pada 5 Desember bahwa para wartawan mereka telah mengunjungi beberapa pusat pemeriksaan medis di Beijing dan kota Shijiazhuang di Provinsi Hebei dan menemukan beberapa masalah.

Para dokter yang telah melakukan pemeriksaan tidak terdaftar di papan informasi pusat medis tersebut. Beberapa pusat pemeriksaan medis bekerja sama dengan klinik di mana mereka mengirim pasien mereka untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

Guoyuan Securities menerbitkan laporan penelitian dan mengatakan bahwa pasar industri pemeriksaan medis Tiongkok akan berkembang menjadi 50-70 miliar yuan pada tahun 2020. Namun kualitas pemeriksaan fisik menjadi sebuah keprihatinan. (ran)

Rekomendasi video:

Siswa siswa SMA di Tiongkok Mencoba Bunuh Diri, Gegara Wabah TBC yang Diabaikan

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds