- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Mentor Anggota Parlemen Australia Barat Terkait dengan Partai Komunis Tiongkok

Pengusaha yang membimbing anggota Parlemen Buruh di Australia Barat, Pierre Yang (Shuai Yang), memiliki hubungan dekat dengan sebuah lembaga perwakilan utama dari Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang berusaha untuk membangun pengaruh Beijing di Barat, surat kabar The Australian melaporkan.

Pengusaha Perth tersebut, Dr Edward Zhang (Ye Zhang), memiliki surat kabar Australian Chinese Times, dan dikenal sebagai salah satu tokoh paling senior dalam komunitas Tionghoa di Perth yang memiliki hubungan luas dengan Departemen Pekerjaan Front Persatuan (UFWD) PKT, menurut artikel tersebut.

UFWD adalah kepanjangan lengan PKT yang dijalankan oleh kedutaan-kedutaan besar Tiongkok di seluruh dunia untuk menciptakan “front persatuan” untuk mendukung perang propaganda PKT, yang bertujuan untuk menumbangkan dan mempengaruhi elemen-elemen di dalam masyarakat luar negeri untuk bekerja demi kepentingan rezim Tiongkok. Salah satu taktik utamanya adalah membangun pengaruh melalui penunjukan dan pengangkatan etnis Tionghoa perantauan.

The Australian melaporkan bahwa beberapa anggota Partai Buruh di Australia Barat khawatir tentang pengaruh Yang yang semakin meningkat. Sejak terpilih menjadi anggota parlemen Yang, 35 tahun, telah merekrut 500 anggota baru ke divisi Australia Barat dari total keanggotaan Partai Buruh sekitar 7.000, dengan hampir semua anggota yang direkrut berasal dari komunitas etnis Tionghoa setempat.

‘SEPERTI PAMAN’

Yang saat ini menjabat sebagai cambuk (penegak) partai majelis tinggi parlemen Australia Barat. Dia terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 2017 dengan dukungan dari United Voice, sebuah partai serikat sayap kiri.

Yang mengatakan ia telah menghabiskan 10 tahun sebagai pengacara dan lebih dari satu dekade bertugas di cadangan Angkatan Darat Australia.

Dalam pidato pengukuhannya di dalam Parlemen Australia Barat pada Mei 2017, Yang mengatakan dia bertemu dengan Zhang setelah dia tiba di Perth ketika berusia 15 tahun dari Tiongkok, dan menggambarkan Zhang sebagai “seperti paman.”

“Dia menasihati saya, menyemangati saya, dan mendukung saya dalam perjalanan saya untuk menjadi anggota parlemen,” kata Yang. “Dr Zhang seperti paman bagi saya, dan saya mendapat kehormatan untuk mengenal Dr. Zhang.”

Zhang adalah presiden dari dua kelompok organisasi yang terkait dengan UFWD: Northeast China Federation Inc. (NECFI) dan Association of Great China (AOGC).

Tujuan utama NECFI adalah untuk mempromosikan inisiatif One Belt One Road (Belt and Road) di Australia. AOCG, sebelumnya dikenal sebagai Association of Australian Chinese Mainlanders and Friends Inc., telah mendukung Beijing dalam sikap pendiriannya di Laut China Selatan.

Yang adalah anggota dari kedua kelompok tersebut, dan menegaskan dia bertindak sebagai penasihat hukum sukarela untuk keduanya NECFI dan AOCG selama beberapa bulan setelah memulai masa jabatan parlemennya. Dia mengatakan dia tidak langsung bekerja untuk mereka, menurut Australian Broadcasting Corporation (ABC).

Yang juga mengatakan dia hanya melakukan pekerjaan hukum untuk para anggota perorangan dari kelompok tersebut, bukan kelompok itu sendiri.

“Orang-orang akan menelepon dan mereka mengatakan mereka memiliki masalah hukum keluarga, saya mungkin akan menghabiskan 10 atau 15 menit di telepon karena latar belakang hukum keluarga saya,” katanya kepada ABC.

The Australian mengungkapkan bahwa Yang gagal memberitahukan keanggotaannya dari dua kelompok tersebut ke daftar parlemen pada 3 Desember. Dia mengundurkan diri dari kedua kelompok itu pada 4 Desember dan mengatakan dia telah “mengabaikan” keanggotaannya dari dua organisasi tersebut namun telah mengakui bahwa dia seharusnya telah memberitahukannya ke parlemen, The Australian melaporkan.

Zhang adalah ketua kehormatan Australian Council for the Promotion of the Peaceful Reunification of China (ACPPRC) cabang Australia Barat, sebuah kelompok barisan depan yang terkenal untuk UFWD.

Laporan media berbahasa Mandarin menunjukkan Zhang telah memuji PKT karena “memimpin rakyat untuk menciptakan kehidupan yang bahagia dan sejahtera dan mempercepat peremajaan besar bangsa Tionghoa” pada peresmian ACPPRC Australia Barat tahun 2011, menurut The Australian.

Situs web ACPPRC mencantumkan Yang sebagai anggota eksekutif, klaim yang telah ditolaknya dan sejak itu ia telah menginstruksikan pengacaranya untuk menghapus namanya (pdf) dari situs web ACPPRC.

Australia juga melaporkan bahwa Yang dekat dengan Ben Pan (Bangyu Pan), yang memimpin ACPPRC Autralia Barat. (ran)

Rekomendasi video:

Upaya Memfitnah Trump, Komunis Tiongkok Salah Perhitungan [6]