Dalam kasus aneh di Tiongkok, seorang lelaki dengan kebiasaan mencium kaus kakinya dirawat di rumah sakit dengan infeksi paru-paru yang parah.

Dokter mengatakan pria dengan nama keluarga Peng dari provinsi Fujian tenggara Tiongkok tersebut menerima perawatan medis setelah mengeluh tentang batuk dan sakit di dadanya. Namun setelah seminggu, dia dibawa ke rumah sakit di Zhangzhou ketika kondisinya memburuk.

Foto rontgennya menegaskan bahwa dia menderita penyakit jamur paru-paru, penyakit yang disebabkan oleh menghirup jamur di habitat alaminya.

Dr Mai Zhuanying, spesialis pernapasan dan tuberkulosis di rumah sakit, mengatakan kepada Pear Video bahwa kombinasi dari sistem kekebalan yang lemah yang disebabkan oleh sampai larut malam merawat anak bayinya dan kebiasaan mencium kaus kakinya setiap hari kemungkinan besar penyebab infeksi tersebut. Dia tidak menyebutkan jamur apa yang menjadi penyebab infeksi Peng.

Mai menambahkan bahwa spora jamur dapat menyebar dengan cepat di kaus kaki dan alas kaki untuk orang-orang yang menderita penyakit kaki atlet, infeksi jamur yang sering muncul di antara jari-jari kaki. Dia tidak menyebutkan apakah pria tersebut memiliki penyakit kaki atlet (athlete’s foot).

Menurut Pear Video, Peng telah pulih di rumah sakit.

The American Thoracic Society mengatakan dalam bukunya (pdf) bahwa infeksi jamur paru kurang umum daripada infeksi bakteri dan virus, namun menimbulkan masalah signifikan dalam diagnosis dan pengobatan. Mereka menemukan bahwa penyakit ini terutama menyerang orang-orang yang tinggal di wilayah-wilayah geografis tertentu yang memiliki kekurangan sistem kekebalan tubuh.

Organisasi tersebut mengatakan bahwa cara terbaik untuk mencegah infeksi jamur adalah menghindari aktivitas-aktivitas yang menyebabkan individu terkena jamur. Mereka menambahkan bahwa obat anti jamur biasanya hanya direkomendasikan untuk pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kebanyakan jamur tidak berbahaya namun beberapa dapat berbahaya bagi kesehatan. (ran)

Rekomendasi video:

Krisis Kekurangan Pangan Mengancam Tiongkok

Share

Video Popular