Erabaru.net. Seorang petani pergi ke kota untuk menjual keledai dan kambing. Tampak dari leher kambing itu terikat sebuah lonceng kecil.

Tiga pencuri melihatnya, salah seorang pencuri berkata,: “Saya yang akan mencuri kambingnya.”

Pencuri lainnya berkata,: “Saya akan mencuri keledainya.”

Sementara pencuri ketiga berkata: “Itu sih gampang, saya bisa mencuri semua pakaian yang dipakainya.”

Pencuri pertama dengan diam-diam mendekati kambing, melepaskan ikatan lonceng, lalu membawa pergi. Sementara itu, petani yang melihat kambingnya sudah tidak ada ditempat pun mulai mencarinya.

Kemudian, pencuri kedua menghampiri petani dan menanyakan apa yang dia cari. Petani itu bilang dia kehilangan seekor kambing.

Pencuri itu berkata, :“Barusan saya melihat kambingmu diambil seseorang dan berjalan ke hutan, kalau kamu kejar sekarang masih bisa menangkapnya.”

Petani itu minta tolong kepada pencuri kedua untuk membantu menjaga keledainya, lalu dia mengejar orang yang mencuri kambingnya. Sementara pencuri kedua memanfaatkan kesempatan itu membawa pergi keledai si petani.

Ketika kembali dari hutan, si petani tidak melihat keledainya lagi, dia pun menangis sambil berjalan. Tak lama kemudian, dia melihat seorang pria duduk di dekat kolam dan menangis. Petani yang penasaran lalu menghampiri pria itu dan bertanya apa yang terjadi.

Pria itu berkata,: “saya disuruh membawa sekantong emas ke kota, karena terlalu lelah, saya istirahat dulu di pinggir sungai dan tertidur, tapi kantong emas saya tanpa sengaja jatuh ke sungai saat saya tertidur pulas.”

“Kenapa tidak terjun ke sungai dan mencarinya.” Tanya si petani.

“Saya takut air, karena saya tidak bisa berenang. Saya berjanji, siapa pun yang menemukan kantong emas itu, saya akan memberinya satu tael emas,”ujar pria itu.

Petani itu sangat gembira dan berpikir: “Ini pasti karunia Tuhan untukku sebagai pengganti kambing dan keledaiku yang hilang dicuri orang.”

Kemudian, si petani segera melepas pakaiannya dan menyelam ke sungai, tetapi dia tidak menemukan kantong emas apa pun. Ketika dia naik ke darat, dia terkejut melihat pakaiannya telah raib berikut si pria itu. Ternyata pria tak dikenal yang mencuri pakaiannya itu adalah pencuri ketiga.

Inilah yang dimaksud dengan tiga perangkap dalam hidup: Ceroboh, mudah percaya, dan serakah.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular