Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok tidak secara langsung menjawab pertanyaan tentang penangkapan mantan diplomat Kanada Michael Kovrig pada konferensi pers awal bulan ini. Juru bicara Lu Kangin hanya mengatakan bahwa yang mempekerjakan Kovrig, International Crisis Group (ICG), tidak terdaftar di Tiongkok sebagai organisasi non-pemerintah (LSM) dan Kovrig mungkin telah melanggar hukum Tiongkok.

Kovrig, penasihat senior ICG, ditahan setelah polisi di Kanada menangkap Meng Wanzhou, pejabat utama keuangan Huawei Technologies Co Ltd Tiongkok, pada 1 Desember atas permintaan otoritas AS. Menurut Reuters, Beijing News yang dikelola pemerintah melaporkan pada 12 Desember: “Warga negara Kanada Michael John Kovrig pada 10 Desember di bawah penyelidikan sesuai dengan hukum oleh Biro Keamanan Negara Beijing karena dicurigai terlibat dalam kegiatan yang membahayakan keamanan negara Tiongkok.”

Beijing mengklaim ICG telah melanggar undang-undang LSM asing, “Undang-Undang Republik Rakyat Tiongkok tentang Administrasi Kegiatan Organisasi Luar Negeri Non-Pemerintah di Daratan Tiongkok”, yang berlaku pada Januari 2017, bagian dari langkah-langkah keamanan nasional yang baru diperkenalkan di bawah Tiongkok pemimpin Xi Jinping.

Sudah umum diketahui bahwa sangat sulit bagi sebuah LSM untuk mendaftar di Tiongkok. Mereka yang sudah terdaftar secara publik dimiliki oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT), seperti All-China Women’s Federation, China Disabled Persons’ Federation, China Society for Human Rights Studies (CSHRS), Chinese People’s Association for Friendship with Foreign Countries (CPAFFC), dan China Anti-Cult Association (CACA) yang menggunakan nama “Care Association” sebagai sampul luarnya.

Federasi Wanita Tiongkok (All-China Women’s Federation) adalah salah satu dari tiga organisasi penggerak PKT, dan dua lainnya adalah serikat pekerja dan Liga Pemuda Komunis. Tanggung jawab utama CSHRS adalah untuk menindas kelompok-kelompok hak asasi manusia, ia bergabung dengan Dewan HAM PBB sebagai barisan depan untuk PKT. CPAFFC adalah lembaga pemerintah yang dipimpin oleh PKT untuk terlibat dalam diplomasi sipil atas nama organisasi non-pemerintah (LSM). Mengenai Care Association, ia memiliki nama lain, China Anti-Cult Association (CACA), dimana PKT tidak ingin menggunakan secara langsung. Didirikan pada November 2000, CACA membantu dalam menganiaya para pengikut latihan spiritual Falun Gong. Dipimpin oleh Kantor 610, pasukan polisi rahasia PKT (dibuat pada tahun 1999 untuk melakukan penganiayaan terhadap Falun Gong).

Undang-undang LSM Tiongkok mengharuskan LSM asing untuk mendaftar pada Kementerian Keamanan Publik, sehingga lebih sulit bagi mereka untuk beroperasi di Tiongkok. Menurut data tahun 2017, ada sekitar 1.000 LSM internasional di Tiongkok. Menambahkan proyek-proyek jangka pendek, ada lebih dari 7.000. Tetapi hanya 139 yang terdaftar.

Banyak LSM asing beroperasi tanpa mendaftar, yang dianggap melanggar hukum. Rejim Komunis Tiongkok biasanya tidak memberi perhatian tentang “melanggar hukum”, mereka mengabaikan aturan hukum dan menghukum siapa pun yang mereka mau. PKT telah menggunakan alasan bahwa ICG melanggar undang-undang LSM asing Tiongkok untuk membenarkan penahanan Kovrig dan orang Kanada lainnya, pengusaha Michael Spavor.

Namun, Kovrig dan ICG bisa jadi tidak melanggar hukum. ICG mengatakan telah menutup cabangnya di Beijing pada bulan Desember 2016 karena tidak bisa mendaftar. Kovrig adalah seorang diplomat Kanada di Tiongkok dari 2014 hingga 2016. Kemudian pada tahun 2017, ia bergabung dengan ICG di Hong Kong di mana itu sah.

ICG bukanlah satu-satunya kasus. Pada tahun 1996, Asosiasi Penelitian Falun Gong Tiongkok (Falun Gong Research Association of China), yang didirikan oleh para pengikut praktisi Falun Gong, telah mengajukan permohonan pendaftaran ke organisasi pemerintah lainnya tetapi telah bubar karena tidak dapat mendaftar. Namun, ketika PKT memulai penganiayaan terhadap Falun Gong pada Juli 1999, mereka mengklaim Asosiasi Penelitian Falun Gong Tiongkok melanggar hukum karena tidak terdaftar.

ICG tidak dianggap sebagai kekuatan yang bermusuhan bagi PKT. Selain diakui oleh Kementerian Luar Negeri pada tahun 2007 ketika memasuki Tiongkok, telah berhubungan dengan berbagai sektor PKT di berbagai tingkat. Kovrig sendiri telah sering mengunjungi Beijing, telah bertemu dengan pejabat-pejabat PKT, dan diundang untuk berbicara pada pertemuan-pertemuan. Di situs resmi Departemen Hubungan Internasional (Partai Komunis Tiongkok), ada foto Kovrig dan wakil direkturnya, Guo Yezhou, selama pertemuan bulan Agustus tahun ini, namun foto-foto tersebut baru-baru ini telah dicopot dari situs web tersebut.

Departemen Hubungan Internasional (International Liaison Department) adalah salah satu dari empat lembaga di bawah Komite Sentral PKT yang bertugas melakukan hubungan luar negerinya dengan partai politik lainnya. Hanya memiliki kontak dengan partai-partai politik asing yang dianggap PKT “ramah” atau “mirip” dengannya. Empat bulan yang lalu, ICG dan Kovrig dianggap sebagai “teman”, mereka tidak terlihat terlibat dalam kegiatan-kegiatan “ilegal” apa pun di Tiongkok, apalagi “membahayakan keamanan negara.” Dan ICG yang “tidak terdaftar” (sebagai LSM di Tiongkok) tidak pernah menjadi masalah sampai Meng Wanzhou ditangkap di Kanada atas permintaan otoritas AS.

Alasan lain penangkapan PKT terhadap Kovrig adalah bahwa Tiongkok tidak memiliki peradilan yang independen sejak berdirinya rezim PKT pada tahun 1949. Bahkan setelah apa yang disebut aturan hukum yang didirikan setelah berakhirnya Revolusi Kebudayaan, hampir semua kasus-kasus yang sangat dihormati yang orang-orang ketahui telah digerakkan oleh faktor-faktor politik daripada aturan hukum. Penganiayaan Falun Gong telah berlangsung selama lebih dari 19 tahun dan sejak dini, hukum dimotivasi secara politik. Sejauh ini, tidak ada dasar hukum yang ditemukan.

Penganiayaan terhadap para aktivis dan pengacara hak asasi manusia dimulai pada tahun 2015. Metode yang digunakan oleh PKT untuk menganiaya para pembangkang tersebut termasuk memaksa mereka menghilang, pengakuan publik (yang ditayangkan atas media negara), menggunakan narkoba, penyiksaan, dan penculikan anggota keluarga, semuanya tidak berdasarkan Hukum.

Peter Humphrey, warga negara Inggris, dijatuhi hukuman setelah “pengakuan” nya yang disiarkan oleh televisi pemerintah. Itu bukan karena dia telah melanggar hukum Tiongkok. Sebaliknya, dia dipenjara karena merusak kepentingan kelompok kuat yang memiliki hubungan dengan PKT. Humphrey telah ditunjuk oleh raksasa farmasi Anglo-Amerika GlaxoSmithKline untuk menyelidiki kasus korupsi cabangnya di Shanghai pada 2013.

Pembentukan struktur organisasi PKT juga meyakinkan bahwa sistem peradilan Tiongkok tidak independen. Manajemen sistem peradilan, termasuk Departemen Keamanan dan Hukum Publik, berada di bawah Komite Pusat Urusan Politik dan Hukum (PLAC). PLAC yang dipimpin oleh “Kelompok Kepemimpinan Aturan Hukum“, dibentuk untuk mengkonsolidasikan tata kelola sistem peradilan PKT. Semua bagian sistem peradilan tersebut, termasuk para pengacara, adalah dipimpin oleh Partai Komunis, jadi di mana akan ada peradilan yang independen? (ran)

Rekomendasi video:

Misteri Hilangnya Artis Beken Tiongkok, Fan Bingbing

Share

Video Popular