Erabaru.net. Coba bayangkan, ketika Anda sedang jalan santai di jalanan taman atau di taman, tiba-tiba berjumpa dengan anjing liar yang agresif, apa yang akan Anda lakukan? Dan apa yang akan kamu lakukan ketika anjing galak itu menyerangmu dengan beringas?

Pada kesempatan ini, mari kita ulas bersama cara yang benar untuk menyelamatkan diri saat menghadapi anjing yang agresif ini.

Untuk menghadapi anjing yang agresif, coba lakukan beberapa tips berikut ini agar tidak terjadi sesuatu yang tak diharapkan :

1. Tetap tenang

Anjing adalah binatang yang peka, dapat mencium “rasa takut”. Jangan panik dan berteriak pada saat seperti ini, jika tidak, anjing dapat menilai bahwa Anda bukan objek yang perlu ditakuti, dan teriakan Anda mungkin dapat membuatnya semakin agresif.

2. Jangan melakukan kontak mata langsung dengan anjing

Ada yang mengatakan bahwa cara yang benar untuk menghindari anjng agresif adalah dengan menatapnya langsung, dan jangan takut. Tetapi jika menatapnya, anjing itu akan berpikir bahwa Anda menantangnya, yang justru akan membuat Anda dalam situasi yang lebih berbahaya.

3. Jangan langsung lari

Ini bukanlah cara yang efektif, justru akan membuatnya semakin agresif untuk menyerang. Kesadaran teritorial atau wilayah kekuasaan anjing sangat kuat.

Anjing akan memperingatkan ketika Anda memasuki wilayah kekuasaaanya, baik disengaja atau tidak. Jika Anda lari atau melakukan tindakan yang mencurigakan, maka besar kemungkin dia akan mulai menyerang Anda.

4. Alihkan perhatian anjing

Jika terancam oleh anjing, Anda bisa melemparkan benda apa pun ke anjing, sehingga Anda punya waktu untuk meloloskan diri.

Apa yang sebaiknya dilakukan untuk melindungi diri jika anjing mulai melakukan serangan ?

1. Jika anjing mulai menerkam, melarikan diri atau membujuknya tidak efektif lagi, maka Anda harus menghadapinya dengan berani. Anda dapat mengusirnya dengan nada mengancam, tapi hindari kontak mata dengannya, dan anjing itu mungkin akan pergi setelah ditakut-takuti !

2. Serangan anjing bisa berakibat fatal, meskipun Anda tidak ingin menyakiti anjing, namun, untuk memastikan keselamatan, Anda harus melawan, dan serangan balik dengan kekerasan itu harus dilakukan.

Anda dapat memukul atau menendang leher, hidung, dan bagian belakang kepala anjing, tapi jangan langsung menyerang bagian kepalanya. Tengkorak anjing sangat tebal/kuat, dia akan semakin ganas dan beringas jika Anda memukul kepalanya.

3. Manfaatkan berat badan Anda. Cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi yang lebih menguntungkan, Anda dapat menggunakan berat badan Anda untuk menekan anjing, kemudian pusatkan kekuatan dan pukul tenggorokan, tulang rusuk anjing dan bagian bagian-bagian lain yang rapuh!

4. Jika Anda diterkam olehnya selama serangan balik, pastikan untuk melindungi wajah, tenggorokan, dada, perut, dan organ vital Anda lainnya. Dalam kondisi seperti ini, hindari berteriak atau berguling, karena tindakan ini justru akan semakin memicu keinginan anjing untuk menyerang.

5. Tinggalkan dengan hati-hati. Setelah anjing kehilangan minat pada Anda. Anda harus tetap tenang dan pergi perlahan-lahan. Jangan panik dan lari, jika tidak, anjing itu mungkin akan terus menyerang Anda.

Setelah terluka oleh gigitan atau cakar anjing, bekas luka harus segera diobati dan divaksinasi secepatnya.

Setelah membaca artikel ini, apakah bermanfaat bagi Anda? Anjing yang kita temui saat jalan-jalan biasanya anjing peliharaan yang lucu, mereka tidak agresif, namun, tak dipungkiri, ada beberapa kasus serangan anjing yang menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian, jadi persiapan pencegahan itu diperlukan.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular