OTTAWA — Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan warga Kanada dan orang-orang di seluruh dunia “sangat terganggu” oleh penahanan Tiongkok terhadap orang-orang Kanada.

Trudeau mengatakan kepada wartawan di Mali bahwa Kanada sedang menekankan pada orang Tiongkok betapa pentingnya melepaskan tahanan Michael Kovrig dan Michael Spavor.

Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland mengatakan Kanada telah berkomunikasi dengan sekutu-sekutunya bahwa penahanan sewenang-wenang terhadap dua orang Kanada tersebut membuat “preseden yang mengkhawatirkan”, sebuah poin yang menurutnya telah menggema.

Kanada telah mendesak Tiongkok untuk membebaskan kedua pria tersebut setelah mereka ditahan karena alasan keamanan beberapa hari setelah pihak berwenang Kanada menangkap seorang eksekutif senior perusahaan Huawei Technologies milik Tiongkok, Meng Wanzhou.

Pada 21 Desember, Departemen Luar Negeri AS telah mengatakan bahwa Kanada menghormati komitmen hukum internasionalnya dalam menangkap Wanzhou dan telah menyerukan pembebasan Kovrig dan Spavor.

Sekretaris luar negeri Inggris juga merilis pernyataan yang mengatakan Inggris sangat prihatin dengan menyampaikan saran-saran tentang motivasi politik untuk dipertimbangkan atas penahanan mereka dan Uni Eropa mengatakan hal itu menimbulkan kekhawatiran-kekhawatiran tentang praktik-praktik penelitian dan bisnis yang sah di Tiongkok. (ran)

Rekomendasi video:

Kasus HIV AIDS Baru Melonjak di Tiongkok

Share
Tag: Kategori: HAM TIONGKOK

Video Popular