Erabaru,net. Seekor anjing jenis Labrador retriever bernama Scout menemukan fosil gigi mammoth berusia 13.000 tahun di halaman rumah tuannya di Whidbey Island, Washington.

Pemiliknya, Kirk Lacewell pada awalnya berpikir bahwa Scout hanya menggali sebongkah batu atau sepotong kayu, sampai diamati bahwa temuan itu tidak ubahnya seperti tulang.

(Foto: Komo News)

Kirk kemudian mengirim gambar penemuan itu ke ahli paleontologi di University of Washington’s Burke Museum, di mana ia diidentifikasi sebagai fosil mammoth. Biasanya, anjing akan menggali tanah untuk menyembunyikan mainan atau hadiah bahkan untuk menemukan kotoran atau sisa bangkai.

Kirk memperhatikan bahwa Scout menggondol sesuatu di mulutnya setelah Scout menggali lubang di halaman dan mengira anjingnya telah menemukan kayu dan membiarkan anjingnya senang dengan ‘mainan’ barunya.

Tetapi ketika Scout tertarik pada benda itu keesokan harinya, Kirk ingin melihatnya. Setelah mencuci dan mengeringkan benda itu, Kirk menemukannya seperti tulang.

(Foto: Komo News)

Untuk mendapatkan kepastian, dia mengirim gambar benda itu ke ahli paleontologi untuk menentukan usia dan asal usul benda itu. “Gigi mammoth biasanya bisa bertahan dibandingkan dengan bagian lain,” jelas Andrea Godinez, direktur pemasaran Museum Burke.

 

(Foto: Komo News)

Pulau Whidbey adalah lokasi populasi mammoth terbesar sebelum spesies itu punah di zaman es, sekitar 11.000 tahun yang lalu. Sekitar 5.000 tahun sebelumnya, suhu Bumi memanas menyebabkan Puget Lobe lapisan es Cordilleran di Utara menurun, yang membentuk pulau itu menjadi bentuknya yang sekarang.

(Foto: Komo News)

Karena fosil mamut tidak begitu asing, museum tidak bermaksud menyimpannya untuk tujuan penelitian atau untuk dilihat publik.

“Itu tidak berarti bahwa seekor anjing akan membantu manusia menemukan fosil,” kata Godinez. Kirk akhirnya memutuskan untuk menyimpan fosil di ruang tamunya untuk menghargai upaya penemuan anjing itu.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular