Erabaru.net. Dahulu kala, seorang pemuda Norwegia menyeberangi lautan sampai di Perancis. Dia ingin mendaftar di sekolah musik dan tari yang terkenal di Paris – The Conservatoire de Paris.

Saat ujian, di mana meskipun dia telah berusaha keras untuk mencapai hasil yang terbaik, namun, tetap saja tidak diterima di perguruan tersebut.

Pemuda yang tak punya uang sepersen pun itu mengencangkan ikat pinggang/menahan lapar, kemudian menggesek senar biola di bawah sebuah pohon di jalan yang ramai tidak jauh dari kampus.

Dia melantunkan lagu demi lagu dari gesekan senar biolanya dan menarik banyak orang menghentikan langkahnya sejenak mendengarkan alunan merdu biolanya.

Pemuda yang menahan lapar itu kemudian mengambil kotak biolanya, dan orang-orang yang berkerumun memasukkan uang ke dalam kotak itu.

Seorang pria angkuh melempar uangnya ke kaki si pemuda. Si pemuda memandang sejenak pria angkuh itu, lalu membungkuk dan mengambil uang itu di bawah kakinya, kemudian diserahkan kepada pria angkuh itu dan berkata,: “Tuan, uang Anda jatuh.”

Pria angkuh itu mengambil uang itu dan kembali melemparkannya ke bawah kaki si pemuda, dan dengan angkuh berkata,: “Uang ini sudah menjadi milikmu, dan kamu harus menerimanya!”

Si pemuda memandang pria angkuh itu lagi dan berkata kepadanya sambil membungkuk hormat,: “Tuan, terima kasih atas bantuan Anda! Tadi uang Anda jatuh, dan saya membungkuk mengambilnya untuk Anda. Sekarang uang saya jatuh di tanah, jadi tolong ambilkan untukku! “

Pria angkuh itu terkejut dengan reaksi tak terduga si pemuda, dan akhirnya dia mengambil uang di tanah dan dimasukkan ke dalam kotak pemuda itu, kemudian pergi dengan kesal.

Di antara orang-orang yang berkerumun tampak sepasang mata memperhatikan pemuda itu dengan diam-diam.

Dia adalah kepala pengawas ujian tadi, kemudian membawa pemuda itu kembali ke kampus dan akhirnya menerimanya.

Pemuda itu bernama Bill Sading (Transliterasi-red) dan kemudian menjadi musisi Norwegia yang cukup terkenal.

Terkadang, pinggang yang ditekuk, tetapi yang diangkat adalah martabat Anda yang tak ternilai!(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular