Oleh Daniel Holl

KOMENTAR

Kata-kata “Impian Amerika” mungkin masih memunculkan ide harapan dan potensi yang dibanggakan di beberapa pikiran. “Impian Tiongkok” yang ada mungkin membawa sinisme dan lebih banyak propaganda kosong.

Di sebagian besar negara, pemerintah idealnya bertindak atas kehendak warga negaranya. Di Tiongkok komunis, kepemimpinan memberi tahu warga negara bagaimana mereka diharapkan untuk bertindak.

Pada tahun 2012, pemimpin Tiongkok Xi Jinping telah memperkenalkan “nilai-nilai inti sosialis” ke dalam masyarakat Tiongkok. Semuanya terdiri dari 12 kata, masing-masing secara teoritis mewakili suatu kebajikan yang ada, atau harus ada, di dalam masyarakat.

Tidak lama setelah memperkenalkan nilai-nilai ini, banyak warga Tiongkok menganggapnya sangat ironis. Ini karena Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang berkuasa secara terus-menerus melakukan kebalikan dari yang pernah dikatakannya. Masing-masing dari nilai-nilai ini telah dikontradiksikan dengan berbagai cara, bahkan setelah diperkenalkan.

KEKAYAAN

Menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia, Tiongkok tentu saja memiliki individu-individu yang sangat kaya. Dibandingkan dengan populasi keseluruhan, orang-orang itu adalah elit langka. Banyak penduduk negara ini sekarang mengalami kesulitan terkait dengan kesenjangan kekayaan yang berkembang.

Kekayaan itu, secara alamiah bagi negara komunis, adalah untuk para pejabat. Tentu saja, para elit juga mendapatkan bagian yang mereka peroleh, tetapi tentu saja bukan para pekerja.

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Zheng Yuzhi, yang rumah susunnya dihancurkan oleh pihak berwenang tiga bulan lalu dan sekarang menjadi tunawisma, di daerah yang dulu dipenuhi dengan perumahan untuk para pekerja migran, di Distrik Changing Beijing, Tiongkok, pada 5 Desember 2017. (Kevin Frayer / Getty Images)

DEMOKRASI

Bahasa Yunani “demokrasi” berarti “pemerintahan oleh rakyat” dan pemungutan suara sangat penting untuk sistem pemerintahan ini. Ketika seorang individu mencari di Google, “Apakah orang-orang di Tiongkok memilih?” Ia ditanggapi dengan jawaban birokratis yang berbelit-belit yang akhirnya menjadi: tidak juga.

PKT, dan semua partai komunis, memuji diri mereka sendiri sebagai organisasi rakyat. Secara teknis mereka demokratis, jika Anda beranggapan hanya memiliki satu pilihan untuk dipilih sebagai sebuah demokrasi.

KESOPANAN

Meskipun Tiongkok memiliki beberapa hukuman paling ketat untuk penggunaan narkoba, itu tidak menghentikan para pejabat untuk ikut ambil bagian dalam penggunaan narkoba. Beberapa tahun yang lalu, seorang pejabat telah mengubah hampir satu kota Tiongkok selatan menjadi rumah bordil.

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Obat-obatan Yaba diperlihatkan sebelum upacara pembakaran narkoba untuk memperingati Hari Internasional PBB Menentang Penyalahgunaan Narkoba dan Peredaran Gelap, di Poung Par Khem, dekat perbatasan Thailand dan Burma, pada 26 Juni 2017. (Ye Aung Thu / AFP / Getty Images )

HARMONI

Bahkan sebelum diperkenalkannya “nilai-nilai inti sosialis,” kata-kata “untuk diselaraskan” adalah sebuah ungkapan-tangkap yang dalam bahasa Mandarin berarti “disensor” oleh PKT. PKT memberlakukan versinya tentang “harmoni” dengan tidak membiarkan suara berbicara kecuali miliknya sendiri, termasuk di media sosial Tiongkok.

Tidak ada akses untuk informasi yang tersedia bagi orang-orang Tiongkok tentang skandal PKT, baik yang baru maupun yang lama, seperti susu bubuk beracun dan pembantaian Lapangan Tiananmen.

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Polisi sering melakukan sensor terhadap rakyat Tiongkok. Petugas menghentikan orang mengambil foto di Beijing pada 20 Desember 2018. (Foto oleh Nicolas ASFOURI / AFP) (Kredit foto harus membaca NICOLAS ASFOURI / AFP / Getty Images)

KEBEBASAN

Apa yang mungkin paling ironis di antara nilai-nilai inti tersebut, kebebasan adalah apa yang hampir tidak dimiliki oleh setiap orang Tiongkok. Yang paling awal untuk pelanggaran terbaru terhadap kebebasan rakyat Tiongkok adalah penganiayaan terhadap Falun Gong. PKT sekarang memenjarakan orang-orang Kristen dan menyerang orang-orang muslim Uighur.

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Polisi menahan seorang demonstran Falun Gong di Lapangan Tiananmen ketika kerumunan menonton di Beijing dalam foto 1 Oktober 2000 ini. (Foto AP / Chien-min Chung)

PERSAMAAN

PKT selalu berusaha untuk bermain dengan aturan-aturannya sendiri, termasuk dengan seluruh dunia. Banyak yang percaya bahwa mengizinkan Tiongkok untuk bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia akan membuat langkah-langkah menuju demokrasi. Tiongkok, sebaliknya, telah mengeksploitasi celah-celah tersebut dan melanggar janjinya di setiap kesempatan.

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Seorang wanita Tiongkok berjalan melewati papan reklame yang membanggakan keanggotaan Tiongkok dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). (Goh Chai Hin / AFP / Getty Images)

KEADILAN

Para pengacara sangat penting dalam membawa individu ke pengadilan. Di Tiongkok, PKT adalah juri keadilan, dan setiap pengacara yang tidak mengikuti keputusannya akan lenyap. Pengacara-pengacara HAM di Tiongkok adalah target negara, dan keluarga-keluarganya tidak dipedulikan membela mereka melawan seluruh aparat negara.

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Li Wenzu, istri pengacara hak asasi manusia yang ditahan, Wang Quanzhang, mencukur kepalanya di Beijing sebagai protes atas pelanggaran hukum rezim Tiongkok pada 17 Desember 2018. (Reuters)

ATURAN HUKUM

Bagi kepemimpinan PKT, hukum adalah masalah kenyamanan. Seluruh divisi pemerintah dapat dibentuk atau dihapus, atas keinginan, terlepas dari legalitas. Hukum hanya diikuti ketika itu sesuai dengan keinginan PKT.

Seorang individu berkata, “Menjalani tugas sebagai hakim, saya tidak bisa mengatakan apakah saya adalah pembela keadilan, atau hanya seorang pembunuh yang disahkan oleh tabir hukum.”

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Seorang pendukung pengacara HAM Pu Zhiqiang bentrok dengan polisi di dekat Pengadilan Rakyat Menengah Kedua Beijing selama persidangan Pu di Beijing pada 14 Desember 2015. (Foto AP / Andy Wong)

PATRIOTISME

Di masa lalu, tidak ada yang bisa sukses di dalam bisnis besar tanpa menjadi anggota partai komunis. Sepertinya masih sama hari ini. Jack Ma, salah satu pengusaha terkaya di Tiongkok, baru-baru ini mengkonfirmasi keanggotaan partainya, yang menurut seorang pengacara hak asasi manusia diperlukan untuk keberhasilan bisnis.

Jack Ma ANGGOTA PARTAI KOMUNIS TIONGKOK
Pendiri Alibaba Jack Ma berbicara pada KTT CEO di Manila, Filipina, pada 18 November 2015. (Foto AP / Susan Walsh, File)

DEDIKASI

Bersumpah bahwa hidup seseorang diberikan untuk partai tampaknya menjadi hal yang menyenangkan bagi pejabat partai. Beberapa bahkan mendahului perilaku ini, mengirim keluarga-keluarga mereka ke luar negeri terlebih dahulu, dengan Kanada dan Amerika menjadi tujuan populer.

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Seorang warga negara Tiongkok memegang Paspor Tiongkok. Departemen Organisasi Kota Beijing baru-baru ini meluncurkan aturan baru yang mengharuskan pejabat menyerahkan paspor mereka, dan membatasi perjalanan mereka ke luar negeri dengan prosedur persetujuan yang ketat. (Omar Havana / Getty Images)

INTEGRITAS

Ini sebuah lelucon: di Tiongkok, Anda membangun sebuah gedung, lalu merobohkannya. Anda membangunnya lagi, lalu merobohkannya. Anda membangunnya sekali lagi, lalu merobohkannya lagi. Anda akhirnya membiarkannya berdiri setelah membangunnya untuk yang terakhir kalinya. Apa yang Anda dapatkan? empat kali lipat PDB (produk domestik bruto).

PDB merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional, berdasarkan nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh negara pada periode tertentu.

Memalsukan angka-angka telah menjadi praktik sejak awal kekuasaan komunis di Tiongkok, di mana tidak berbohong tentang hasil panen akan membuat seseorang dibunuh. Masih merajalela sampai hari ini, untuk apa pun data ekonomi yang dilaporkan dari Tiongkok perlu dipertanyakan, karena cenderung melebih-lebihkan.

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Seorang investor memantau layar yang menunjukkan pergerakan pasar saham di sebuah rumah pialang di Shanghai, pada 1 September 2015. (Johannes Eisele / AFP / Getty Images)

PERSAHABATAN

Memahami adalah kunci persahabatan, namun tampaknya Tiongkok merasa bahwa selama kenaikan tarif, satu pembalasan untuk satu serangan adalah lebih baik. Sekarang mungkin tiga pembalasan untuk satu serangan. (ran)

nilai-nilai inti sosialis partai komunis tiongkok
Polisi Tiongkok patroli di depan kedutaan Kanada di Beijing, pada 14 Desember 2018. (GREG BAKER / AFP / Getty Images)

Rekomendasi video:

Etnis Tionghoa Rantau Mengapa Tidak Mendukung ‘Made in China 2025’

Share

Video Popular