Erabaru.net. Zeng Guofan adalah negarawan Tiongkok , jenderal militer, dan mengecap pendidikan Konfusius  pada akhir zaman Dinasti Qing. Beliau terkenal dalam memimpin tentara  Dinasti Qing yang berhasil menumpas pemberontakan Taiping dan menjaga stabilitas Kekaisaran Qing.

Zeng Guofan menaruh nilai tinggi pada persahabatan dan mencatat bahwa dengan teman-teman, seseorang harus jujur, benar, toleran, baik hati, dan tanpa pamrih. Zeng Guofan menetapkan empat  kriteria tersebut  dari 8  dasar pertemanan sebagai sarana untuk mencerahkan orang lain saat bertemu dengan teman potensia.

Tipe pemenang

Anda dapat sering belajar dari si pemenenag , karena ia mempunyai talenta dan kemampuan yang unik. Pendekatannya terhadap situasi yang ada terbukti sangat berguna dalam membuat keputusan yang sangat penting.

Tipe orang berstandar moral yang tinggi

Tipe orang ini sangat tulus. Ia dapat meningkatkan pemahaman Anda terhadap orang lain dan membantu Anda dalam memahami tujuan hidup Anda yang sebenarnya.

Tipe yang menarik

Bagi orang yang menarik, hidup adalah selalu menyenangkan. Ia akan memperkaya pengetahuan dan pengalaman Anda, sehingga Anda dapat menikmati hidup.

Bagi orang yang menarik, hidup adalah selalu menyenangkan. (Image: pixabay / CC0 1.0)

Tipe orang yang telah mengalami kesulitan

Orang seperti ini memilih menderita demi kepentingan orang lain. Tipe teman seperti ini mampu menahan penderitaan dan mengerti mengapa ia harus menderita. Ia akan membantu Anda memahami dengan lebih baik kebenaran dalam hidup saat menghadapi pahitnya kehidupan.

Tipe jujur

Sebagian orang di dunia Barat bicara jujur apa adanya, sedangkan orang seperti ini sulit ditemui pada budaya Timur. Tipe teman seperti ini tidak akan meninggalkan Anda di saat Anda mengalami kesulitan.

Tipe berpandangan maju

Tipe teman seperti ini akan membantu Anda melihat arah hidup Anda dan jalan kehidupan yang Anda lalui.

Tipe teman seperti ini akan membantu Anda melihat arah hidup Anda dan jalan kehidupan yang Anda lalui. (Image: pixabay / CC0 1.0)

Teman di saat Anda kesusahan

Orang yang menolong orang lain di saat sedang mengalami kesusahan adalah tipe teman yang terpenting. Tanpa memandang situasi yang terjadi, tujuan teman seperti ini adalah menolong meringankan penderitaan orang lain. Teman yang selalu bersedia mengulurkan tangannya di saat Anda mengalami kesulitan adalah selalu teman yang berharga.

Tipe pemaaf

Teman yang mengerti dan memaafkan orang lain cenderung menjadi teman seumur hidup. Anda akan jarang sekali salah paham dengan teman seperti ini. Bahkan jika terjadi pertengkaran, hatinya akan memaafkan.(Visiontimes/Vivi/Yant)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular