Erabaru.net. Kesehatan adalah kekayaan terbesar dalam hidup. Mendapatkan kesehatan sebenarnya tidaklah sulit, tidak harus dengan menghabiskan banyak uang untuk memborong makanan kesehatan, atau menguras keringat di tempat-tempat kebugaran. Dari pagi hingga malam, ada beberapa cara-cara sederhana dalam hidup, asalkan dijalani dengan teguh, maka secara bertahap dapat menapaki jalan besar menuju sehat.

Mata

Setiap pagi setelah bangun tidur, selagi masih di ranjang, gosoklah sampai panas kedua tangan, dan dengan telapak tangan hangat itu usaplah dan putar-putarlah beberapa kali kedua mata Anda. Kemudian pijatlah dengan jari titik akupunktur Jing Ming di bagian mata dalam untuk menghilangkan kelelahan, dan pijatlah titik Tong Zi di bagian luar mata untuk menghilangkan kerut di bagian luar mata, serta pijat titik Yi Yao di bagian tengah alis, itu dapat menghilangkan edema mata.

Sikat gigi

Ada sementara orang ketika bangun tidur tanpa menyikat gigi langsung makan, ini adalah kesalahan besar. Karena rongga mulut ketika tidur, dalam keadaan lembab dan tertutup, jika pada pagi hari ketika bangun tidak menyikat gigi langsung makan, maka bakteri yang berkembang biak semalaman akan tertelan utuh ke dalam perut, lebih tidak sehat ketimbang makan tanpa mencuci tangan. Menyikat gigi harus dengan cermat sampai bersih, sebaiknya sambil menikmati lukisan yang indah, atau mendengarkan musik merdu, agar diri Anda merasa relaks dan gembira serta dengan penuh semangat menyambut hari yang baru.

Mencuci wajah dan hidung

Pagi hari ketika mencuci wajah sekalian cucilah hidung, meraup air hangat dalam telapak tangan lalu hiruplah dengan lembut ke dalam hidung, ibu jari dan telunjuk menjepit cuping hidung dan dengan kuat semprotkan air itu keluar, diulang beberapa kali. Ini dapat membersihkan debu dan bakteri yang menempel di rongga hidung sepanjang hari sebelumnya, lambat laun setelah terbiasa dapat beralih dengan air dingin untuk membersihkan hidung. Setelah melalui pelatihan ini, hidung telah terbiasa dengan suhu rendah, pada saat cuaca dingin pun, tidak akan mudah terkena pilek. Bagi orang yang hidungnya tidak alergi, tidak harus membersihkannya dengan air hangat.

Menyisir rambut

Kepala adalah pusat saraf, menyisir dapat merangsang ujung saraf kulit kepala dan titik-titik akupunktur di bagian kepala, relaksasi saraf kepala, mengatur meridian dan sistem saraf untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan lelah. Ketika menyisir, tarik nafas dalam-dalam dulu dan sisirlah dari arah dahi sampai ke tengkuk, lalu sisir bagian kepala kiri dan kanan, dengan urutan dari atas kemudian turun ke bagian bawah. Apabila berada di kantor merasa tidak nyaman menggunakan sisir, dapat dengan jari-jari Anda memijat kepala, leher dan seluruh wajah, hasilnya juga tidak kalah.

Berlatih peregangan

Pada saat senggang, ayunkan kedua lengan dengan posisi tubuh membungkuk ke depan dan ke belakang, serta gerak-gerakkan tulang leher/tengkuk dan tulang belakang, hindari duduk berlama-lama. Atau dengan kuat angkat sepasang bahu, peluk/jepit erat kedua lengan, lalu dengan relaks lepaskan, untuk mencapai efek meredakan ketegangan tengkuk.

Berjalan lebih banyak

Setelah bekerja selama beberapa waktu carilah suatu aktivitas lain dengan menjauhi meja kerja, seperti menyeduh teh, kopi, atau mencuci wajah, ke toilet dan lain sebagainya. Naik turun lantai atas dan bawah usahakan dengan berjalan kaki, itu akan membuat Anda lebih sehat dan lebih bersemangat.

Menggosok kulit

Siapkan handuk kering, melalui menggosok kulit, membuat pembuluh darah di permukaan kulit menjadi mekar karena terangsang, membantu melancarkan sirkulasi darah dan merangsang saraf Anda, sehingga transportasi oksigen dan nutrisi berjalan dengan lebih baik ke seluruh tubuh, meningkatkan daya penyerapan nutrisi di usus serta pencernaan lambung. Begitu sirkulasi darah menjadi lebih baik, sistem saraf otonom yang bertanggungjawab atas gerakan peristaltik usus juga telah ditingkatkan, masalah sembelit pun dapat teratasi secara alami.

Mengetuk meridian empedu

Mengetuk meridian empedu dapat meningkatkan sirkulasi darah di pinggul dan paha, maka itu ia memiliki efek melangsingkan tubuh bagian bawah. Meridian kantung empedu terletak di paha bagian luar, karena otot dan lemak di paha cukup tebal dan lokasi titik-titik akupunkturnya agak di dalam, maka disarankan gunakan 4 ruas jari untuk mengetuknya. Dengan ritme setiap dua detik mengetuk 4 kali, setiap hari paling sedikit mengetuk paha kiri dan kanan masing-masing 50 kali, dapat dilakukan setiap saat, sangat sederhana.

Sebelum tidur

Pada hari-hari dengan suhu relatif dingin, sebelum tidur mandilah dengan air hangat, Anda dapat menyantaikan saraf yang kelelahan seharian. Lalu memakai piyama longgar, berjalan santai di depan ranjang dan lakukan peregangan pinggang, tidur Anda akan nyenyak semalaman. (Hui/Yant)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular