- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Makna Aksara Mandarin ‘An’

Erabaru.net. Salah satu aksara Mandarin yang paling saya sukai adalah 安 (an, aman), yang mengacu pada makna keamanan, kedamaian, ketenangan, kenyamanan, dan penghiburan.

Aksara 安 (an) sungguh sederhana, tetapi memiliki unsur filosofi di dalamnya, yang membawa resonansi kepada orang dari semua latar belakang dan budaya.

Aksara Mandarin 安 (an) yang tertulis di dalam naskah tulang ramalan. (NTDTV)

Di bagian bawah dari ak¬sara tersebut, duduk seorang perempuan, aksara 女 (nǚ, perempuan), dalam posisi duduk berlutut dan posisi duduk dalam tradisi Tiongkok. Bagian atas aksara adalah radikal 宀 (mián), yang melambangkan atap sebuah rumah.

Perempuan itu duduk dengan nyaman di rumahnya sendiri. Mungkin saat itulah dia merasa paling aman dan paling tenang.

Seberapapun tuanya kita, ketika kita mengingat saat pulang dari sekolah di masa kecil, kita akan ter-ingat ibu di rumah yang menunggu kepulangan kita. Aksara tersebut merupakan gambar yang menghibur, yang memberi kita ketenangan pikiran.

Dalam aksara 安 (an) yang ditulis dalam naskah tulang ramalan, kita meli¬hat postur klasik dan sikap seorang perempuan di mata orang Tiongkok kuno, dengan kedua tangan bertum¬pu pada lutut, mentransmisi¬kan kedamaian dan sebuah pesan ketentraman.

Perempuan modern Tiongkok, bagaimanapun juga membawa suatu watak dan spirit bawaan yang sangat berbeda dengan dahulu. Jika Cangjie, sang penemu aksara Mandarin, masih hidup, saya tidak tahu bagaimana dia akan menggambarkan seorang perempuan.

aksara mandarin [1]
Cangjie pencipta tulisan Mandarin, dia lahir dengan empat mata. Potret Cangjie ini merupakan lukisan abad ke-18 yang disimpan di Perpustakaan Nasional Perancis. (Domain publik/ Epoch Times)

Di Tiongkok kini, teori persamaan jender menga¬rah ke sisi ekstrem, setelah komunis mengambil alih kekuasaan.

Melalui penugasan yang sistematis yang semuanya dikendalikan oleh pemerin¬tah, kaum perempuan dipak¬sa untuk mengambil pro¬fesi yang didominasi oleh pria, seperti pembantaian, pertambangan, pekerjaan konstruksi, dan pengemudi truk. Beban kerja dari pe¬kerjaan ini jauh melampaui kemampuan alami seorang perempuan, baik fisik mau¬pun mental. (Epochtimes/Zhu li/Ajg)

VIDEO REKOMENDASI