Erabaru.net. Pada pertengahan Agustus tahun lalu, biro sosial di kantor kepolisian Chiayi County, Taiwan turut membantu mencari seorang anak perempuan dibawah umur yang dilaporkan hilang.

Belakangan setelah diselidiki oleh kepolisian setempat, baru diketahui bahwa peristiwa itu hanyalah kesalahpahaman karena wanita bermarga Chen yang membawa empat anak-anaknya ke Taichung itu tidak diketahui oleh pihak sekolah.

Namun, polisi terkejut melihat pemandangan yang memilukan setibanya di rumah Chen. Ternyata wanita bermarga Chen ini buta dan tidak bisa kerja. Sementara untuk bertahan hidup sekeluarga hanya mengandalkan subsidi yang tidak seberapa, bukan saja hidup serba kekurangan, bahkan harus menghidupi sendiri empat anak-anaknya.

Salah satu anak bernama Chen Xiao Mei yang meskipun baru berusia 7 tahun, tapi sangat memahami dengan kondisi keluarga. Sejak kecil ia sudah tahu dengan kesulitan ekonomi yang menghimpit ibunya, selalu menanggung beban untuk menghidupi keluarga, sehingga ia menggantikan tanggung jawab ibunya mencari nafkah dalam merawat ketiga adik-adiknya.

Terbetik berita, ketika polisi tiba di rumah Nyonya Chen, mereka melihat Chen Xiaomei sedang memasak nasi di ruangan yang sempit di dapur, kemudian tampak.

Chen Xiaomei mencampur nasinya dengan makanan kaleng bekas sembahyang pemberian dari tetangga, lalu menyuapi adik-adiknya sesuap demi sesuap.

Setelah itu, ia mencuci pakaian, tampak sangat cekatan melihatnya mencuci, dan tidak mengeluh sedikit pun.

Melihat sosoknya  yang kecil dan berusaha keras mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga, polisi yang melihatnya pun tak tega lalu masuk dan bertanya padanya, “Apa ada sesuatu yang kamu inginkan.”

Di luar dugaan ia hanya mengatakan “ingin melihat buku cerita,” dan personel polisi yang mendengar keinginannya yang sederhana ini pun menjadi trenyuh.

Untuk membantu lima orang anggota keluarga Chen Xiaomei menemukan harapan mereka, kepala polisi daerah setempat Lǚ Ping he memutuskan memberikan bantuan, memimpin penggalangan dana dari organisasi amal dan individu.

Sementara itu kepala polisi cabang Shuishang, Chiayi County, Chen Junming mengatakan, “rakyat sipil adalah anggota keluarga kita dari kepolisian, menganggap rakyat seperti keluarga sendiri adalah andalan kami.”

Jika anda melihat anak-anak yang membutuhkan bantuan di sekitar anda, harap jangan ragu untuk mengulurkan tangan atau informasikan ke biro sosial. Terima kasih! (jhoni/rmat)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular