- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Wisatawan Remaja Australia Meninggal Tertimbun Longsor Salju di Austria

Alpen – Seorang remaja Australia meregang nyawa setelah terperangkap di bawah salju setinggi sekitar 3 meter. Tumpukan salju longsor dan secara tragis mengakhiri liburan keluarga ke Pegunungan Alpen Austria di St. Anton am Arlberg, pada 10 Januari 2019.

Max Meyer terperangkap ketika gundukan salju runtuh dan menguburnya di depan orang tua dan saudara lelakinya, menurut laporan setempat.

Meskipun anggota keluarganya sempat dengan usaha keras menggali, namun mereka tidak dapat menyelamatkan Max. Karena mereka tidak memiliki sekop atau persediaan darurat. Tim penyelamat baru dapat mengambil tubuh Meyer sekitar 20 menit kemudian.

Polisi mengatakan keluarga itu telah meninggalkan resor ski mereka sekitar pukul 4.40 dinihari waktu setempat. Keluarga itu berada di medan yang tidak terlacak dan curam ketika Meyer terjebak oleh longsoran salju. Ibunya juga sempat terperangkap tetapi berhasil membebaskan dirinya tepat waktu, menurut laporan.

Kepala Sekolah Tata Bahasa Internasional Sydney mengirim email kabar dukacita kepada orang tua dan siswa tentang meninggalnya Meyer.

“Dengan sangat sedih saya menulis untuk memberi tahu Anda bahwa salah satu siswa kami telah meninggal dalam longsoran salju saat bermain ski dengan keluarganya,” kata kepala sekolah Shauna Colnan dalam email kepada orang tua tertanggal 10 Januari, menurut The Sydney Morning Herald. “Sekolah akan dibuka besok dan minggu depan, dan staf senior, penasihat, dan saya akan berada di sana untuk membantu jika Anda memerlukan dukungan.”

“Max Meyer akan memasuki Tahun 11, dan hidupnya secara tragis dipersingkat,” tambah Colnan, menurut ABC. “Saya telah berbicara dengan ayah Max hari ini dan telah menyampaikan belasungkawa terdalam saya atas nama komunitas sekolah IGS, dan menawarkan kepada keluarga, semua dukungan kami. Kami akan terus mendukung keluarga Max selama beberapa hari mendatang dan seterusnya.”

Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia mengkonfirmasi bahwa mereka mengetahui kematian warga negara Australia di Austria.

“Departemen siap untuk memberikan bantuan konsuler kepada keluarga korban sesuai dengan Piagam Layanan Konsuler,” katanya dalam sebuah pernyataan bertanggal 11 Januari, Australian Associated Press (AAP) melaporkan.

Austria Diselimuti Salju Lebat
Setidaknya ada 16 kematian terkait cuaca yang dilaporkan di Eropa dalam sepekan terakhir. Di negara tetangga Slovakia, layanan penyelamatan gunung mengatakan seorang pria Slovakia, 37 tahun, meninggal akibat longsoran salju di pegunungan Mala Fatra.

Enam remaja Jerman beruntung dapat keluar hidup-hidup dari longsoran salju yang menelan mereka di resor Wildkogel di provinsi Salzburg Austria.

Hujan salju lebat berlanjut pada 10 Januari di beberapa bagian Austria dan Jerman selatan, dengan beberapa tempat terisolasi. Cuaca buruk diperkirakan akan terus berlanjut. Salju menyebabkan masalah di bagian lain Eropa, bahkan di kepulauan Arktik Svalbard Norwegia.

Beberapa jalur kereta api di Alpen ditutup karena salju. Truk dan mobil juga terjebak macet selama berjam-jam di jalan raya di barat daya Jerman, dan sekolah ditutup di beberapa bagian Bavaria.

Menteri Austria yang bertanggung jawab untuk pariwisata, Elisabeth Koestinger, mengatakan di sebagian besar daerah ski bahwa, “Tidak ada alasan untuk khawatir saat ini, jika orang mematuhi aturan dan tidak meninggalkan lereng yang aman,” lapor ABC. (MIMI NGUYEN LY, Reuters dan AAP/The Epoch Times/waa)

Video Pilihan :

Simak Juga :