Erabaru.net. Dari mekanisme Antikythera yang terkenal, sampai ke tak terhitung artefak, yang menjadi bukti majunya teknologi jaman kuno, yang tidak dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan jaman sekarang, membuktikan bahwa jaman dulu belum tentu lebih terbelakang dari jaman sekarang.

Ada banyak penemuan arkeologi yang sampai saat ini membuat para ilmuwan berpikir keras dan terus melakukan penelitian, karena mereka tidak juga menemukan jawaban, mengapa ada teknologi semaju itu di masa lalu.

Untuk menambah deretan penemuan misteri ini, China Daily telah melaporkan penemuan baru, yaitu satu set patung-patung kuno yang menggambarkan dua makhluk mistis – dimana salah satunya memegang alat yang tidak diketahui asal usulnya.

Pahatan Dazu kuno

Patung-patung ini ditemukan pada pahatan kuno di bebatuan Dazu, di Provinsi Chongqing, Tiongkok ketika para arkeolog sedang bekerja melestarikan dan mencatat ratusan pahatan yang ada di sana.

Belum lama ini pemerintah Tiongkok meluncurkan sebuah proyek untuk melestarikan pahatan batu Dazu, sebuah situs warisan budaya UNESCO yang terdiri atas lebih dari 50.000 patung dan pahatan, yang menggambarkan beragam kisah Buddhis dan gambar-gambar dari mitologi Tiongkok, yang diperkirakan sudah berusia 1200 sampai 800 tahun.

Patung-patung di bagian pusat situs ini menggambarkan tentang dua hal, Clairvoyance dan Clairaudience, dua buah figur yang tampak seperti dewa, dimana yang satu melihat segalanya dan satunya lagi mendengar segalanya.

Sekalipun wujud patung-patung dari figur legendaris ini tidak tampak aneh, namun para ahli yang melestarikan situs ini mengklaim bahwa patung-patung ini bisa jadi mengambarkan semacam teknologi jaman kuno yang tidak diketahui.

Mendengarkan dengan seksama

khususnya patung Clairaudience, yang telah membingungkan para arkeolog untuk menjelaskan apa yang sedang digambarkan oleh patung ini. Ekspresi wajahnya telah disimpulkan sebagai mendengarkan dengan seksama, dan alat di tangannya diyakini adalah suatu alat untuk mendengarkan sesuatu.

Menurut kepala peneliti, Li Xiaoqiang, para ahli tidak bisa memastikan apakah itu ular atau sesuatu semacam ‘alat penerima telepon’ yang membantunya mendengar suara dari jarak ribuan kilometer. Teori lain menyatakan bahwa itu mungkin adalah sebuah stetoskop.

Klaim tentang teknologi jaman kuno bukanlah hal baru, dan kebudayaan Tiongkok kuno sudah dikenal banyak menyumbangkan penemuan-penemuan besar untuk dunia, ‘empat penemuan besar’ yang membantu perkembangan peradaban modern juga dikembangkan dari Tiongkok kuno.

Bukan tidak mungkin ada beberapa alat yang juga dikembangkan oleh orang-orang Tiongkok kuno, yang hilang di masa lalu ketika terjadi peperangan besar di negeri tersebut. Seperti kita tahu bahwa ketika satu dinasti berdiri, benda-benda budaya dari dinasti sebelumnya seringkali dilarang muncul, selain itu pada saat dinasti pertama di Tiongkok berdiri, di bawah Kaisar Huangdi, semua benda budaya dari kerajaan lain telah dimusnahkan.

Mungkinkah patung-patung ini menggambarkan teknologi canggih dari masa lalu yang telah hilang? Mungkinkah patung-patung ini menggambarkan alien yang datang untuk memata-matai makhluk Bumi masa lampau yang terbelakang?

Atau mungkin ini hanya patung-patung dari masa lalu yang memegang senjata umum, dan bagian senjatanya telah rusak dimakan jaman, dan sekarang tidak bisa dikenali lagi. Sama seperti penemuan lainnya dalam arkeologi, penemuan ini juga terbuka bagi segala spekulasi.  (spiritegg.com/Julius/Yant)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular