Erabaru.net. Luka dan lebam mungkin tidak dapat lari dari masa kecil. Namun, Anda harus tahu bahwa, cedera ringan mungkin hanya satu  dari bahaya yang besar. Melansir dari brightside.me,  jadi, untuk menghindari anak-anak Anda dari luka yang serius, orangtua harus mengikuti tips-tips keamanan dan keselamatan.

1.Tidur

Penelitian menemukan, perubahan tidur bayi dengan cara tengkurap menjadi melentang telah menurunkan tingkat kematian bayi secara tiba-tiba sebanyak 3 kali lebih rendah.

Hindari menggunakan seprai atau selimut berkapas karena dapat menghambat saluran pernapasan bayi. Jauhkan juga anak Anda dari setiap alat permainan dan sebaganya ketika tidur.

2. Jatuh dan cedera

Pastikan tangga di rumah Anda dipagari untuk menghindari anak Anda memanjat. Secepatnya, jangan letakkan anak Anda di tempat yang tinggi seperti kursi, meja dan sebagainya.

Jikalau anak Anda menggunakan alat belajar berjalan, pastikan area tersebut bebas dari tangga, alat yang panas dan juga kabel yang tergantung.

3. Tersedak atau lemas

Anak-anak gemar memasukkan benda ke dalam mulut, jadi pastikan alat permainan mereka bukanlah sesuatu yang kecil dan dapat ditelan.

Perhatikan mereka sepanjang waktu dan jikalau perlu, mengikuti kelas yang menawarkan pelatihan supaya Anda tahu langkah awal yang harus dilakukan jikalau anak Anda tersedak.

4. Api

Pastikan Anda menjauhkan anak Anda dari setiap sumber api yang mungkin terlihat seperti permainan.

Anda dilarang memasak sambil mengendong anak Anda atau membiarkan mereka terkena dapur yang panas.

Bahkan, pastikan Anda mencabut steker dan switch peralatan panas seperti setrika dan alat pengering rambut.

5. Racun

Jauhkan anak Anda dari segala bentuk obat atau vitamin. Jikalau mereka tertelan, jangan sesekali mencoba untuk mengorek mulut mereka untuk membuat mereka muntah tanpa nasihat Dokter.

Pastikan setiap alat pencuci, baterai lithium kecil atau peralatan elektronik ditempatkan di tempat yang aman dan tidak mudah untuk dicapai.

6. Air

Pastikan setelah mandi, segera mengeringkan bak mandi dan tidak membiarkan anak Anda sendirian. Tutup toilet dan kamar mencuci Anda jikalau tidak digunakan.

Tempat penampungan air terbuka seperti di taman-taman harus dipagari karena anak-anak bisa terjatuh dan lemas.

7. Posisi duduk “W”


Anak-anak gemar duduk seperti bentuk “W” karena dikatakan nyaman. Namun, harus orang tua tahu bahwa ia mampu menyebabkan masalah pertumbuhan tulang, keterlambatan pengawalan postur dan keseimbangan dan keterampilan mengenderai motor anak-anak Anda.

8. Peringkat dalam mobil

Bagi anak-anak yang tinggi kurang dari 140 cm dan berat kurang dari 32 kg, mereka harus ditempatkan di dalam kursi mobil khusus.

Jikalau anak tersebut sudah besar untuk tempat duduk portabel, Anda bisa menempatkan untuk mereka duduk tetapi bukan di kursi dewasa secara langsung.

9. Bersepeda

Pastikan Anda memiliki peralatan yang lengkap untuk anak Anda bersepeda seperti helmet, liner lutut dan peralatan yang diusulkan untuk melindungi area yang berisiko tinggi untuk cedera.

Bahkan, sepeda tersebut perlulah berada dalam kondisi yang baik dan periksa sebelum mengizinkan Anda Anda menaikinya. (Erabaru.com.my/asr)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular