Erabaru.net. Startup India Avant Garde Innovations telah mengembangkan turbin angin berbiaya rendah yang dapat menghasilkan 3-5 kW jam listrik setiap hari

Segera setelah mengambil alih kantor, Ketua Menteri Kerala (negara bagian selatan India) Pinarayi Vijayan secara terbuka mendukung proyek listrik tenaga air Athirappilly, yang menurut para ahli lingkungan, jika dilaksanakan, akan menciptakan ketidakseimbangan ekologis di daerah tersebut, karena akan menghancurkan air terjun Athirappilly, air terjun alami terbesar di negara bagian itu.

Oleh Sainul Abudheen K

Bukannya pemerintah tidak menyadari dampak yang dapat dihasilkan oleh proyek, tetapi ia mengatakan bahwa mereka tidak memiliki pilihan selain memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada untuk mengatasi krisis daya yang sedang tumbuh di Kerala, yang sebagian bergantung pada sektor swasta untuk listrik.

Hal-hal yang tidak berbeda di negara-negara lain juga. Sementara Kerala telah mencapai hampir 100 persen cakupan listrik, banyak bagian India lain yang masih tetap gelap. Untuk sebagian besar penduduk India, listrik sampai hari ini tetap menjadi mimpi yang jauh.

Masukkan dua saudara kandung yang ingin membuat krisis energi India menjadi sesuatu dari masa lalu. Mereka telah mengembangkan solusi baru yang mereka katakan hanya akan sedikit berdampak pada keseimbangan ekologi.

Avant Garde Innovations, startup yang didirikan oleh saudara kandung Arun dan Anoop George dari Kerala, telah datang dengan turbin angin murah yang dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk menggerakkan seluruh rumah, selama seumur hidup. Dengan ukuran hanya sebesar kipas langit-langit, turbin angin ini dapat menghasilkan 5 kWh / kW per hari – dengan hanya satu kali biaya pembuatan sebesar US $ 750.

“Tujuan kami adalah untuk menghilangkan kemiskinan energi, mengurangi ketergantungan pada jaringan listrik negara yang sedang berjuang dan menciptakan kemandirian energi untuk semua yang membutuhkan melalui energi terbarukan yang didistribusikan, terlokalisasi dan terjangkau. Dengan demikian, kami yakin, kami dapat secara kolektif mengantar dunia kita ke lingkungan yang lebih bersih, kemakmuran ekonomi baru dan perubahan sosial,” membaca pernyataan perusahaan ‘Apa yang Kami Lakukan’.

“Penawaran pertama kami adalah turbin angin kecil yang sangat terjangkau yang cocok untuk perumahan, komersial kecil, pertanian, listrik desa dan penggunaan lainnya, yang ditujukan untuk peluncuran pasar selama 2016.”

Dimasukkan pada tahun 2015, Avant Garde mengklaim sebagai startup dengan hati dan jiwa ‘hijau’.

Untuk startup ini, peluangnya sangat besar. India adalah konsumen energi terbesar keenam di dunia, mencakup 3,4 persen dari konsumsi energi global. Pemerintah federal di India, dan pemerintah pusat dalam hal ini, tidak mampu menanggung biaya infrastruktur besar yang diperlukan untuk membawa listrik ke desa-desa terpencil.

Pemasangan tiang listrik dan kabel listrik membutuhkan investasi besar yang dapat menelan biaya jutaan dolar.

Di sinilah Avant Garde muncul. “Ketika turbin angin kecil menghasilkan biaya energi 1kW, INR 3-7 lakh (US $ 4.000-10.000), perusahaan kami berencana untuk menjualnya kurang dari NR 50.000 (sekitar US $ 750). Biaya akan turun lebih jauh melalui produksi massal, ”kata Arun dalam wawancara dengan The Times of India.

Perusahaan meluncurkan proyek percontohan di sebuah gereja di ibu kota Thiruvananthapuram pada bulan Januari tahun ini. Prototipe turbin angin kecil yang telah dikembangkan sangat scalable untuk kapasitas daya 300 kW atau bahkan lebih tinggi, Arun mengatakan kepada e27.

“Tujuan kami adalah untuk memperkenalkan solusi inovatif, terjangkau dan berkelanjutan yang mengambil swasembada energi terbarukan dan pemberdayaan energi ke tingkat berikutnya melalui pendekatan terdistribusi dan terdesentralisasi menggunakan strategi perintis yang belum disaksikan dunia,” kata perusahaan.

Produk revolusioner ini juga telah memberi mereka tempat di Top 20 Cleantech Innovations di India. Perusahaan ini juga berhasil masuk ke dalam daftar 10 perusahaan energi bersih dari India untuk inisiatif “Energi Berkelanjutan PBB Untuk Semua” di bawah direktori peluang investasi energi bersih satu miliar dolar.

Menurut Dewan Energi Angin Global, negara ini menempati peringkat ke-4 dalam hal kapasitas tenaga angin global yang dipasang, setelah Cina, AS, dan Jerman.

Mungkin, jika Avant Garde Innovations benar-benar beroperasi, Kerala dapat menjaga agar air terjun Athirappilly tidak tersentuh.

Sumber: educateinspirechange

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular