Erabaru.net. Menjadi tua mungkin bisa menakutkan, namun sebuah studi ilmiah telah menemukan bahwa usia muda bukan berarti masa terbaik bagi segalanya. Ada beberapa aspek dalam diri manusia, yang mencapai keadaan puncak justru di usia paruh baya ataupun tua.

Remaja misalnya, mungkin mempunyai vitalitas yang tinggi, namun orang yang lebih tua, mempunyai keadaan psikologis yang lebih stabil. Dan hal semacam itu juga terjadi dalam banyak aspek.

Banyak hal yang setelah diteliti, justru mencapai puncaknya pada usia paruh baya, namun beberapa hasil dalam penelitian ini menggunakan metode survei, yang artinya masih punya kemungkinan bahwa data yang dikumpulkan tidak 100% akurat.

Namun dalam banyak aspek, hasil berada pada angka yang tinggi, menunjukkan bahwa hidup tidak sepenuhnya menurun setelah masa muda Anda lewat.

Berikut adalah hasil yang perlu Anda tahu:

Belajar bahasa kedua adalah lebih mudah ketika usia Anda 7 atau 8 tahun

Ahli bahasa dan psikolog masih berdebat tentang hal ini, namun sudah diterima oleh umum bahwa belajar bahasa kedua lebih mudah dilakukan pada usia muda, dan pada dasarnya sebelum usia pubertas.

Kekuatan pemikiran otak mencapai puncaknya pada usia 18 tahun

Salah satu cara utama yang digunakan ilmuwan untuk menguji kekuatan pemikiran otak Anda adalah dengan metode yang disebut tes membaca simbol digit – mereka akan memberi simbol pada setiap angka, kemudian Anda akan diberi serangkaian angka, dan Anda harus merubah mereka menjadi simbol-simbol yang sesuai.

Secara rata-rata, orang-orang berusia 18 tahun menunjukkan hasil yang terbaik, menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2016.

Kemampuan mengingat nama yang tidak umum mencapai puncaknya pada usia 22 tahun

Kita semua pernah mengalaminya: Anda bertemu seseorang yang baru, Anda tahu namanya, kemudian dalam waktu yang singkat, Anda sudah lupa nama orang tersebut. Hal ini paling sedikit terjadi pada orang yang berusia 22 tahun, menurut sebuah studi di tahun 2010.

Seorang wanita menjadi paling menarik bagi pria di usia 23 tahun,  dan laki-laki lebih menarik bagi wanita seiring bertambahnya usia wanita yang menaksirnya

Wakil pendiri situs kenan online OKCupid menulis sebuah buku berjudul “Dataclysm” yang menggunakan data dari situs kencannya untuk menjawab pertanyaan mengenai cinta, kencan, dan hubungan antara pria dan wanita.

Menurut data yang dianalisa buku tersebut, laki-laki menemukan wanita, paling menarik di usia 20 an. Bahkan bagi laki-laki yang lebih tua, pilihan mereka tetap jatuh pada wanita berusia 20an.

Di sisi lain, para wanita di situs itu yang berusia 20an, lebih memilih laki-laki yang berusia sedikit lebih tua (satu atau dua tahun lebih tua dari mereka) dan wanita yang berusia 30an lebih memilih laki-laki yang sedikit lebih muda dari usia mereka.

Kepuasan hidup pertama mencapai puncaknya di usia 23 tahun

Sebuah survei pada 23.000 orang Jerman menemukan bahwa di usia 23 tahun mereka menemukan kepuasan hidup.

Kekuatan fisik mencapai puncaknya di usia 25 tahun

Otot-otot Anda akan mencapai puncaknya di usia 25 tahun, walaupun dalam 10 sampai 15 tahun kedepan, otot-otot itu masih terlihat sama kokohnya, namun sesungguhnya mereka sudah tidak sekuat saat Anda berusia 25 tahun.

Namun ini adalah satu aspek yang paling mudah dimanipulasi, Anda bisa mempertahankan kekuatan otot Anda, dengan latihan yang konsisten dan asupan makanan yang bergizi.

Usia puncak untuk berumah tangga adalah 26 tahun

Hasil statistik menunjukkan ada 37% data, yang menunjukkan bahwa di usia 26 tahun, Anda sudah bertemu cukup banyak orang, dan menjalin hubungan dengan cukup orang, untuk membuat Anda mengambil keputusan jangka panjang untuk berumah tangga. Dan menurut suatu studi, angka perceraian adalah paling rendah terjadi pada pasangan yang menikah di usia 28 sampai 32 tahun.

Tulang Anda paling kuat di usia 30 tahun

Tulang Anda paling kuat dan paling padat di usia 30 tahun. Anda bisa mengonsumsi kalsium dan vitamin D untuk membuat tulang-tulang Anda kuat lebih lama, namun sesungguhnya setelah usia tersebut, tulang Anda sedang mulai melemah.

Pemahaman Anda akan perasaan orang lain mencapai puncaknya di usia 40an dan 50an

Para ilmuwan mengumpulkan 10.000 orang dan menunjukkan potongan gambar mata orang lain, dan mereka diminta untuk menjelaskan emosi dari gambar mata orang yang ditunjukkan. Pengenalan yang paling tepat terjadi pada kelompok usia 40an dan 50an.

Orang-orang memang menjadi lebih bijak seiring bertambahnya usia

Sepertinya kehidupan adalah guru yang terbaik. Sebuah tim psikolog meminta kepada sekelompok orang, untuk membaca tulisan tentang suatu konflik, dan kemudian mereka diberi pertanyan tentang konflik tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa respon terbaik, dilihat dari pengenalan sudut pandang orang lain, pengenalan beragam kemungkinan, pengenalan kemungkinan solusi, dan sebagainya, adalah terbaik pada orang di rentang usia 60 – 90 tahun.
 
Orang-orang biasanya membuat perubahan besar di usia yang diakhiri dengan angka 9

Para peneliti menemukan bahwa orang –orang cenderung untuk membuat perubahan besar dalam hidupnya, baik atau buruk, di usia yang diakhiri angka 9, baik itu 29,39, 49,…. Belum diketahui alasan jelasnya, namun sepertinya orang-orang mengidentifikasi angka belakang 9 di usianya, sebagai akhir dari suatu babak dalam kehidupan, dan karenanya mereka merasa itu adalah waktunya merubah sesuatu untuk memasuki babak baru dalam kehidupan.  (spiritegg.com/Julius/Yant)

VIDEO REKOMENDASI

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular