Erabaru.net. Dahula kala, ada seorang wanita yang selalu mengalami mimpi aneh dengan suasana yang sama: Banyak orang yang terkunci di dalam sebuah rumah hitam, sementara kunci besi yang sudah berkarat menggantung di pintu, dan orang-orang terdengar meratap pilu dari dalam rumah yang serba gelap itu. Setiap dia bangun dari mimpinya, dia selalu merasa dadanya sesak. Lama kelamaan, dia terserang suatu penyakit, dadanya terasa sesak, resah dan gelisah.

Ilustrasi. (Internet)

Dia mendengar bahwa ada seorang pendeta Tao di sebuah kuil yang terletak di atas gunung itu dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang tidak dapat disembuhkan, jadi dia pergi ke gunung itu untuk meminta bantuan.

Ilustrasi. (Internet)

Pendeta Tao tua itu berkata : “Penyakit ini tidak sulit disembuhkan. Saya akan memberi Anda sebuah kunci emas, gantungkan di dada Anda, tetapi Anda harus ingat, jika bermimpi lagi dengan suasana yang sama seperti itu, buka pintunya dengan kunci yang saya berikan, dan bebaskan orang-orang yang terkuci di dalam rumah hitam tersebut, dengan begitu, penyakitmu akan sembuh. “

Setelah mendapat pesan itu, dia mengucapkan terima kasih pada Pendeta Tao dan pulang membawa kunci emas pemberian sang pendeta.

Benar saja, beberapa hari kemudian, dia bermimpi lagi melihat orang-orang yang terkunci di dalam rumah hitam itu. Kali ini, dia mendekati rumah hitam tersebut dan melihat ke dalam. Dia melihat orang di dalam rumah itu adalah orang-orang yang dia benci. Ada ibu mertuanya yang pernah membentaknya, tetangga yang pernah membulinya, dan temanmnya yang pernah mendorongnya jatuh ke parit yang bau dan hampir membuatnya mati sesak dan sebagainya.

Dia melihat lagi ke dalam, lho kok ada seekor anjing yang pincang? Dia ingat bahwa anjing berbulu hitam itu sering muncul dalam perjalanannya ke sekolah ketika dia masih kecil. Singkatnya, ada banyak orang di rumah hitam yang pernah menyakitinya.

Dia berpikir: “Aku tidak boleh membuka pintu ini, sudah sepantasnya mereka menerima akibatnya.” Jadi, di tengah ratapan pilu dari dalam rumah, ia menarik kembali kunci emasnya.

Setengah tahun kemudian, penyakitnya semakin memburuk. Dia pergi lagi menemui pendeta Tao itu.

“Ini adalah kesempatan terakhirmu, kalau tidak kunci emasku juga tidak akan dapat menyelamatkanmu. Kamu akan bermimpi lagi suasana seperti itu malam ini. Sebelum kuncinya belum benar-benar berkarat, kamu harus membukanya.” kata pendeta Tao.

Dia pun membulatkan tekadnya setelah mendengar pesan pendeta tua itu.

Ilustrasi. (Internet)

Benar saja, malam harinya dia bermimpi lagi tentang rumah hitam itu . Dan tanpa banyak pikir lagi, dengan berani dia mengeluarkan kunci emas, dan membuka gembok pintu yang berkarat, orang-orang di dalamnya langsung berhamburan keluar.

Ilustrasi. (Internet)

Samar-samar, dia sepertinya melihat seorang wanita terakhir yang perlahan-lahan mendekati pintu. Semakin dekat dan dekat. Dia merasa wanita itu tampak familiar, persis seperti dirinya, tidak! Itu memang sosok dirinya sendiri, rambutnya berantakan, mukanya kotor, dan pandangan matanya sayu, sangat kurus dan menyedihkan.

Dan dalam sekejab setelah wanita itu berjalan keluar dari rumah hitam, rumah hitam itu tiba-tiba atapnya runtuh, sinar Matahari menerobos masuk, dan sorotan cahaya yang menyilaukan membuatnya terbangun seketika, sekujur badannya berkeringat dingin.

Tepat pada saat itu, sayup-sayup terdengar suara pendeta Tao : “Membelenggu orang lain sama juga memenjarakan dirimu sendiri, mengikat masa lalu sama juga dengan membelenggu hatimu; kebencian telah menimbuni rumah hitam itu, bukalah jendela hati dan biarkan Matahari bersinar.”

Sejak itu, penyakitnya pun membaik. Pandangan matanya kini bercahaya, tidak lagi sayu, raut wajahnya merona kemerahan dan sangat cantik dengan balutan kulit yang halus bercahaya.

Adakah rumah hitam di hatimu? Apakah ada orang yang kamu benci di sana ? Apakah kamu mau sebuah kunci emas seperti wanita itu ? Dan maukah kamu melepaskan mereka yang terkurung ? Semua ini tergantung pada individu masing-masing!(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds