Erabaru.net. Setiap orang secara rutin akan mencuci sarung bantal yang mereka gunakan, namun sangat jarang seseorang mencuci bantal itu sendiri. Yang mana sebetulnya, itu juga termasuk hal yang harus dilakukan. Sama seperti barang-barang lain yang kita gunakan, bantal juga akan menjadi kotor seiring berjalannya waktu.

Selain air liur, keringat dari kepala dan leher, bantal kita juga dipenuhi oleh serangga kecil, kulit mati, dan debu.

Menurut salah satu situs kesehatan, 1/3 berat dari bantal kita terdiri atas sel kulit mati, debu, tungau, dan kotoran tungau, yang bisa sangat mengerikan bagi mereka yang alergi.

Berikut ini adalah gambar tungau, yang hidup di bantal Anda sekarang.

(Foto: dustmites.com)

Namun jangan takut! Sebelum Anda membuang bantal kesayangan Anda karena ketakutan, silahkan lihat beberapa cara mudah untuk membersihkan bantal berikut ini.

Bantal Kapas, Bulu halus, dan Bahan Sintetis

Langkah 1. Kebanyakan bantal bisa dicuci di mesin cuci, namun sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu di keterangan yang ada di bantal Anda. Jika bisa, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2. Masukkan bantal Anda ke mesin cuci tanpa sarung. Sebaiknya taruh dua bantal sekaligus, hal ini supaya mesin cuci Anda bekerja seimbang.

Langkah 3. Tambahkan deterjen seperti biasa dan mulai cuci dengan air hangat atau settingan lembut (jika tulisan di bantal Anda mengatakan demikian, jika tulisannya mengatakan lain, ikuti tulisan yang ada di bantal Anda).

(Foto: Practically Functional)

Langkah 4. Selanjutnya, angkat bantal Anda dari mesin cuci, dan taruh ke bagian pengering dengan tingkat panas yang rendah.

Langkah 5. Pastikan untuk menjaga bantal Anda tetap lembut dengan sering membalik bantal Anda selama proses pengeringan. Anda juga bisa menambahkan lembaran pelembut atau dua sampai tiga bola tenis, untuk membuat bantal Anda tetap lembut.

Cara untuk bantal busa hanya sedikit berbeda.

Bantal Busa

Langkah 1. Taruh dua bantal busa ke dalam mesin cuci, yup, dua bantal akan menyeimbangkan kerja mesin.

Langkah 2. Tuang deterjen dan atur mesin cuci Anda pada settingan sedang. Biarkan mesin Anda menyala selama beberapa menit, dan sering-sering periksa sampai bantal Anda lembap namun tidak sampai basah kuyup.

Langkah 3. Ambil dan pindahkan bantal Anda ke bagian pengering pada settingan panas terendah yang ada di mesin Anda.

Langkah 4. Tambahkn lembaran pengering atau bola tenis untuk membuatnya tetap lembut. Angkat setelah bantal Anda kering.

(Foto: Home Guides)

Jika bantal Anda sangat kotor… mungkin Anda perlu membuangnya. Jika bantal Anda ditutupi banyak noda yang tidak juga hilang, mungkin itu waktunya Anda membeli bantal baru. Sangat direkomendasikan untuk mengganti bantal Anda setiap beberapa tahun. Jika Anda tidak yakin apakah ini waktunya untuk mengganti bantal, coba jawab beberapa pertanyaan berikut;

  • Apakah bantal Anda terasa benjol-benjol?
  • Apakah harus sering dipukul dan ditepuk supaya empuk?
  • Jika Anda melipatnya, apakah tetap terlipat dan tidak kembali ke bentuk awal?

Jika jawabannya Ya, itu artinya adalah tiba waktunya bagi Anda untuk mengganti bantal lama Anda dengan bantal yang baru.( shareably.net/Julius/Yant)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular