Erabaru.net. Cinta dapat menyatukan dua orang, tetapi jika ingin awet dan langgeng, maka kedua sejoli itu harus tumbuh bersama. Namun, ketika terjadi perbedaan yang mencolok, jarak dari hati ke hati juga akan semakin jauh.

Ada yang bilang bahwa pernikahan adalah pusara cinta. Juga ada yang mengatakan bahwa saat dua sejoli telah lama bersama itu ibarat tangan kiri seperti menyentuh tangan kanan sendiri, artinya sudah hambar dan berkesan lagi, tidak seperti saat pertama jatuh cinta. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa romansa akan sirna seiring berlalunya waktu.

Dari buah yang hijau hingga ranum, bermula dari pacaran hingga bersatu, di mana jika suami – istri tidak bisa saling berbagi, baik suka maupun duka, mungkinkah akan langgeng tak terpisahkan?

Seperti contoh dalam kisah ini:

Robin dan Dena adalah teman sekampus. Setelah lulus, Dena pun menikah dengan Robin, seorang pria miskin, tanpa menggubris pertentangan orangtuanya.

Di sebuah kota yang asing, mereka menjalani hidup yang sederhana.

Karena baru lulus, fondasi ekonomi masih sangat lemah, sehingga mereka harus hidup hemat, hanya menyantap nasi dengan lauk sekadarnya setiap hari, tapi mereka tampak bahagia meski menjalani hidup seperti itu..

Seiring perjalanan waktu karier Dena juga berkembang sangat cepat, lima tahun kemudian, dia sudah menjadi manajer top perusahaan.

Dena yang dulunya sangat hemat, sekarang tampak sangat jauh berbeda, dia berani membeli pakaian seharga jutaan rupiah.

Sebaliknya dengan karier Robin yang selalu berjalan di tempat, dia juga selalu gonta ganti pekerjaan.

Di mata Dena, Robin sama sekali tidak mau bekerja keras dan keinginan untuk maju.

Akhirnya, Dena pun merasa bahwa mereka tidak lagi cocok, dan mengusulkan untuk cerai.

Tidak peduli bagaimana pun Robin berusaha mempertahankan cintanya yang dalam, sampai berjanji dan bersumpah juga tetap tidak bisa meluluhkan hati Dena.

Sebaliknya, beberapa patah kalimat Dena yang diungkapkan sambil meneteskan air mata itu membuat Robin diam membisu.

“Ketika aku menjalani pelatihan kerja dengan susah payah, ketika aku belajar dengan keras pengetahuan profesional sepanjang malam, dan ketika aku bekerja lembur sampai larut malam, sampai tidak sempat makan. Apa yang kamu lakukan saat itu ?” Tanya Dena dengan air mata berlinang.

Robin hanya tertunduk diam mendengar keluhan Dena.

“Kamu sedang main game, atau sedang tidur pulas, atau berpesta pora bersama teman-teman! Berapa kali sudah aku memberimu kesempatan selama lima tahun ini. Hubungan kita telah berjarak ribuan mil jauhnya, jadi tidak perlu lagi mempertahankan yang hanya akan mempermalukan dirimu sendiri ! ” Lanjut Dena.

Akhirnya, Robin melepaskan tangannya. Dari pasangan kampus yang membuat iri teman-teman, sampai menikah menikmati suka duka bersama, hingga orang-orang yang tidak habis mengerti mengapa wanita yang begitu baik dan cantik itu menikahi dengan sosok pria seperti itu. Sejak saat itu, pernikahan mereka pun selangkah demi selangkah menuju ke jurang perpisahan …

Mungkin Anda akan heran, mengapa saat mereka menikmati sepiring nasi berdua ketika itu, mereka merasa hidup begitu indah dan mengesankan. Tapi sekarang, setelah punya uang dan hidup nyaman, justru tidak ada lagi gelora berbagi suka dan duka seperti saat itu.

Tetapi, coba bayangkan, meskipun mereka tetap bersama, hati keduanya sudah jauh terpisah, jadi mungkinkah bisa semesra seperti dulu lagi ? Karena itu, jika memang tidak mungkin bersama seumur hidup, lebih baik lupakan secara tuntas.

Karena itu, cinta yang paling baik itu tidak hanya bersama seiring, tetapi juga harus tumbuh bersama.

Suami dan istri berjalan beriring mengisi setiap momen penting dalam kehidupan dan berbagi suka dan duka bersama dalam perjalanan hidup, dengan demikian, cinta keduanya baru akan menjadi lebih kokoh di bawah upaya kedua belah pihak dan masing-masing menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan yang dijalani.

Karena itu, tumbuh bersama adalah rahasia cinta suami-istri hingga tua.

Jika tidak mau berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, maka hanya akan berakhir dengan jalan masing-masing.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds