Erabaru.net. Biasanya, menurunkan berat badan membutuhkan banyak usaha dan kerja keras, tetapi terkadang, tanpa disadari, berat mulai turun dengan cepat tanpa mengubah kebiasaan. Mengapa ini bisa terjadi?

Nah untuk yang ini Anda perlu waspada, jangan menganggap sepele penurunan berat badan yang tanpa sebab ini. Karena penurunan berat badan yang tak terduga ini mungkin berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh, atau penyakit tertentu.

5 kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan penurunan berat badan:

1. Pankreatitis

(Foto: MDGRPHCS / Shutterstock.com)

Orang yang menderita radang pankreas cenderung menurunkan berat badan dengan sangat cepat, hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan pankreas untuk menghasilkan enzim yang diperlukan untuk pencernaan.

2. Masalah pada tiroid

(Foto : Albina Glisic / Shutterstock.com)

Orang dengan tiroid yang terlalu aktif cenderung membakar banyak kalori, menghasilkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

3. Depresi

(Foto: Stock-Asso / Shutterstock.com)

Kehilangan nafsu makan adalah efek samping dari depresi, jadi itu normal bagi beberapa orang yang depresi untuk kehilangan massa tubuh.

4. Kanker

(Foto : Photographee.eu / Shutterstock.com)

Beberapa jenis kanker menyebabkan lambung atau usus meradang, gangguan pencernaan ini dan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kanker, dapat berakhir menyebabkan pasien kehilangan banyak berat badan.

5. Penyakit usus

(Foto: Khaoniewping / Shutterstock.com)

Penyakit Crohn atau gangguan usus lainnya menghasilkan efek negatif pada nutrisi dan, sebagai konsekuensinya, penurunan berat badan yang cepat.

Kapan berkonsultasi dengan dokter?

Setiap kali ada penurunan berat badan, perlu berkonsultasi dengan dokter. Hanya seorang profesional yang dapat menentukan alasan penurunan dan memilih perawatan yang ditunjukkan untuk mengatasi akar masalahnya.

(Foto : babywavebreakmedia / Shutterstock.com)

Ingatlah bahwa kesehatan yang baik lebih penting daripada memiliki perut yang rata dan kekurangan gizi, jadi tidak khawatir dengan penurunan berat badan yang segera bisa menjadi risiko besar bagi kesehatan. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter Anda dalam kasus ini!(yant)

Sumber: Fabiosa.es

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular