Erabaru.net. Pemerintahan Taiwan menyerahkan bantuan sebesar 500.000 Dolar AS atau setara Rp 7,1 Miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk korban bencana tsunami dan gempa Selat Sunda.

Penyerahan bantuan disampaikan secara langsung oleh Kepala Perwakilan TETO di Indonesia John C. Chen kepada Plt. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Ginandjar Kartasasmita di Kantor PMI Pusat, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

 Penyerahan bantuan ini disaksikan oleh sejumlah pejabat Palang Merah Indonesia (PMI), pengusaha Taiwan di Indonesia serta sejumlah wartawan dari berbagai media.

“Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban korban bencana Tsunami Selat Sunda,” katanya.

Sebelum menyerahkan bantuan, Kepala TETO John C. Chen menyampaikan kepedulian dan ucapan belasungkawa dari pemerintah dan rakyat Taiwan kepada korban bencana Tsunami Selat Sunda.

Pada kesempatan itu, John C. Chen turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi Banten, dan masyarakat sekitar yang membantu warga negara Taiwan yang ikut menjadi korban Tsunami untuk mengungsi ke daerah tinggi serta membantu mereka untuk mendapat pengobatan.

Dia menuturkan, pada tahun 2018 Indonesia mengalami bencana gempa dan tsunami yang menyebabkan kehilangan yang mendalam baik korban jiwa maupun materi, dan pemerintah serta rakyat Taiwan juga merasakan kehilangan yang sama.

Untuk meringankan beban korban, pemerintah dan rakyat Taiwan telah mendonasikan 250.000 US Dollar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk korban bencana gempa di Lombok, dan 1.000.000 US Dollar kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk korban bencana di Sulawesi Tengah.

Selain itu Taiwan International Cooperation and Development Fund (ICDF) bekerja sama dengan organisasi World Vision dan organisasi Mercy Corps mendonasikan kurang lebih 700.000 US Dollar, untuk melaksanakan “Program dukungan mata pencaharian di Sulawesi Tengah, Indonesia” dan “Program bantuan WASH di Sulawesi Tengah, Indonesia” untuk membangun ulang daerah yang terkena bencana.

Oleh karena itu, sebagai bentuk tanggung jawab kemanusiaan internasional untuk bencana Tsunami Selat Sunda, pemerintah Taiwan akan mendonasikan 500.000 US Dollar untuk Palang Merah Indonesia (PMI), dengan harapan bantuan ini dapat membangun ulang daerah yang terkena bencana di provinsi Banten dan provinsi Lampung, serta membantu para korban bencana agar dapat pulih kembali seperti semula.

Sementara itu, Plt Ketua PMI, Ginandjar menyampaikan terima kasih atas bantuan dana yang telah diberikan. Menurut dia, donasi tersebut sangat membantu PMI. Donasi ini termasuk bantuan yang sudah diberikan sebelumnya saat bencana di Lombok dan Sulteng beberapa waktu lalu.

Apalagi, kata dia, pada saat ini pihaknya masih terus terlibat di lapangan menangani pasca Tsunami dan Gempa yang memasuki masa rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Banyak organisasi pemerintahan yang sudah pergi karena pemerintah sudah mengakhiri periode tanggap darurat, kami masih di sana,” kata Ginandjar.

Ginandjar menambahkan, pemerintah Indonesia masih berusaha menyiapkan pembangunan hunian sementara (Huntara). “Masih banyak hal yang perlu dilakukan, pekerjaan ini tidak menjadi lebih mudah,” bebernya. (asr)

Share

Video Popular