Lily Choo –  The Epoch Times

Imlek dirayakan pada 5 Februari, menandai awal tahun Babi dalam zodiak Tionghoa. saatnya meneguhkan refleksi, resolusi, dan harapan baru di tahun yang akan datang.

Beberapa percaya tahun babi akan mendatangkan kekayaan dan kemakmuran.

Menurut kalender lunar tradisional, hari pertama tahun baru dapat jatuh di mana saja antara akhir Januari dan pertengahan Februari. Kalender bulan Tionghoa mencakup siklus bulan dan posisi matahari.

Menurut legenda, penanggalan tersebut berasal dari 2600 SM, ketika Kaisar Kuning memulai siklus pertama zodiak Tiongkok dan menamai seekor binatang untuk mewakili setiap tahun dalam siklus selama 12 tahun.

12 lambang binatang tersebut adalah tikus, sapi, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Tahun Babi

Babi adalah tanda kedua belas dalam zodiak Cina. Jika Anda lahir pada tahun 1935, 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, dan 2019, zodiak Anda kemungkinan adalah babi. Namun, penting untuk mempertimbangkan hari kelahiran Anda di bulan Januari atau Februari sehubungan dengan hari pertama Tahun Baru Imlek.

Babi mungkin merupakan simbol yang paling kompleks, karena ia mengandung unsur positif dan negatif. Elemen positifnya adalah kekayaan (dilambangkan dengan celengan), keberuntungan, persahabatan, kesabaran, popularitas, dan kedamaian.

Babi dikaitkan dengan kebodohan dalam budaya Timur dan Barat. Dalam bahasa Inggris, kata “Pigheaded” berarti bodoh atau keras kepala. Dalam bahasa mandarin, kata “kepala babi” digunakan ketika memarahi seseorang yang bodoh. Babi mewakili sifat-sifat kepribadian negatif seperti keras kepala, ceroboh, linglung, tidak teratur, dan nakal.

Harapan Tahun Baru: Tahun untuk Mengharapkan Kemakmuran

Masyarakat Tionghoa percaya tahun Babi akan membawa kekayaan dan kemakmuran. Selain memiliki pendapatan yang stabil, mereka berharap dapat menghasilkan lebih banyak uang, dan beberapa percaya adalah waktu yang baik untuk melakukan investasi keuangan.

Tahun Babi membawa keberuntungan dan kegembiraan. (Catherine Chang / The Epoch Times)

Tahun Babi diharapkan untuk membawa sukacita, persahabatan dan cinta untuk semua tanda zodiak karena Babi membawa kesuksesan di semua bidang kehidupan.

Selamat Tahun Baru Imlek (過年 好! Guò nián hǎo)

Babi Emas membawakanmu keberuntungan! (金 豬 報 福! Jīn zhū bào fú)

Tahun babi yang beruntung dan menyenangkan! (福 豬 頌 春! Fú zhū sòng chūn)Damai dan kesehatan yang baik di tahun Babi! (豬 年 安康! Zhū nián ān kāng)

Tahun Babi tiba dan keberuntungan datang! (豬 年 到 好運 到! Zhū nián dào, hǎo yùn dào)

Tradisi Tahun Baru

Tahun Baru Imlek adalah yang terpenting dari festival tradisional Tiongkok. Perayaan biasanya berlangsung 15 hari, dari Hari Tahun Baru ke Festival Lentera, yang merupakan hari ke 15 dari bulan pertama kalender lunar Tiongkok.

Ada banyak tradisi dan kebiasaan yang terkait dengan Tahun Baru Imlek. Keluarga-keluarga benar-benar membersihkan rumah mereka untuk menyapu semua nasib buruk dan memberi jalan bagi keberuntungan.

Penari singa tampil di perayaan Tahun Baru Imlek di sebuah komunitas kecil di New York bagian utara pada 31 Januari 2016. (Larry Dye / The Epoch Times)

Jendela dan pintu dihiasi dengan guntingan kertas merah yang halus dan bait puisi – pasangan garis puisi yang sesuai yang mengekspresikan kegembiraan dan harapan orang-orang untuk Tahun Baru. Kembang api, petasan, paket merah, tarian singa, tarian naga, dan lentera dengan teka-teki adalah kebiasaan dan tradisi umum lainnya yang diamati selama periode Tahun Baru Imlek.

Banyak keluarga berkumpul untuk makan malam berkumpul bersama keluarga besar pada Malam Tahun Baru. Mereka juga mengunjungi kerabat mereka sebagai bagian dari perayaan Tahun Baru.

Perayaan dengan Kuplet

Kuplet atau bait syair tahun baru Imlek, Chuan Lián (春聯) dalam bahasa mandarin, adalah bagian penting dari perayaan Tahun Baru. Ini dikenal sebagai bait antitesis, sering dalam gaya tradisional dan mencerminkan harapan, kedamaian dan kemakmuran untuk tahun yang akan datang.

Kuplet Tionghoa biasanya sepasang baris syair, terutama pasangan yang berima, dan jumlah karakter di setiap baris adalah sama. Strukturnya sangat ketat dan terdefinisi dengan baik. Baris pertama adalah “kepala” dan baris kedua adalah “ekor.”

Dalam bait, keseimbangan harus ditemukan antara pangkal dan ujung, antara setiap karakter dalam satu dan karakter yang biasanya berbeda di posisi yang sama di yang lain serta dalam nada, sajak, dan makna.

Streamer horisontal (橫披, hénɡ pī), yang biasanya memiliki empat karakter, ditambahkan di atas pintu masuk dan di antara dua streamer vertikal untuk menunjukkan tema kuplet.

Kaisar pendiri Dinasti Ming (M. 1368–1644), Zhu Yuangzhang, mengeluarkan perintah sebelum Malam Tahun Baru yang mengharuskan setiap penghuni rumah untuk menulis bait di kertas merah dan memasangnya di bingkai pintu masuk untuk menyambut Tahun Baru.

Pada pagi Tahun Baru, kaisar mengenakan pakaian sederhana dan pergi dari rumah ke rumah membaca kuplet. Setiap kali dia melihat gulungan yang ditulis dengan baik, dia sangat senang dan memuji bakat penulis.

Atas perintah kaisar, tradisi menulis bait Tahun Baru menjadi kebiasaan yang telah berlanjut hingga hari ini.

Kuplet untuk Tahun Babi:

Babi adalah yang paling dihargai di antara enam hewan ternak [babi, sapi, domba, ayam, kuda, dan anjing] (六畜 豬 為首 liù chù zhū wéi shǒu)

Musim semi memimpin di antara empat musim (一年 春 佔先 yī nián chūn zhàn xiān)

Anjing menjaga untuk 2018 yang damai (狗 守 太平 歲 gǒu shǒu tài píng suì)

Babi mengantar tahun 2019 yang makmur (牽 富裕 年 zhū qiān fù yù nián)

Meskipun Babi adalah tanda zodiak terakhir (雖屬 生肖 後 suī shǔ sheng xiào hòu) Babi berada di peringkat pertama di antara enam hewan ternak [babi, sapi, domba, ayam, kuda, dan anjing] (卻 居 六畜 先 (què jū liù chù xiān).

(asr)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds