Erabaru.net. Mungkin kalian pernah mendengar sebuah ungkapan yang berbunyi, : “Satu apel sehari, dokter pun akan menjauh.” Tetapi hari ini, status apel sebagaimana dalam ungkapan tersebut sepertinya akan tergantikan !

Menurut penelitian baru, kandungan antioksidan dari secangkir teh hitam setara dengan enam buah apel.

Menurut hasil penelitian dari Karolinska Institutet, Swedia, teh hitam mengandung spesies oksigen reaktif yang dapat menghambat penyakit. Teh mengandung antioksidan polifenol.

Minum teh hitam secara rutin bisa secara efektif mengurangi risiko komplikasi tumor atau trombosis sereberi yakni penyumbatan pembuluh darah otak.

Jika minum empat cangkir teh hitam sehari, kemungkinan tersumbatnya pembuluh darah otak dapat menurun secara signifikan sebesar 21%.

Di sisi lain, teh hitam juga mengandung lebih banyak asam tanat (sejenis polifenol pahit) daripada teh jenis lain. Senyawa ini dapat mengurai trigliserida untuk menurunkan kolesterol dan gula darah.

Studi terkait menyebutkan bahwa bahan antioksidan yang diperoleh dengan minum secangkir teh hitam setara dengan mengonsumsi enam buah apel, dan dua cangkir teh hitam mengandung antioksidan yang setara dengan 20 cangkir jus apel.

Di samping itu, banyak manfaat dari minum teh hitam, kaum wanita yang minum secara rutin dapat mengurangi terjadinya tumor ovarium, juga dapat membantu untuk mencegah kanker tertentu.

Meskipun demikian, teh hitam mengandung kafein, jadi dihimbau jangan minum berlebihan, ingat, jangan sampai manfaatnya justru berbalik menjadi petaka jika berlebihan.(jhn/yant)

sumber :Nature

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds