Erabaru.net. Bonsai adalah evolusi teknik berkebun tradisional Tiongkok. Pengrajin mengkreasikan pemandangan alami dari tanaman yang dikerdilkan dalam pot dangkal. Harga sebuah bonsai yang baik bisa dikatakan sangat fantastis.

Berikut mari lihat sejenak aneka tanaman bonsai yang indah ini !

Bonsai dengan “Nuansa Selatan Tiongkok”

Tanaman bonsai dengan “Nuansa dari Selatan Tiongkok” ini adalah pohon beringin yang subur dengan cabang pohon yang dipenuhi dengan dedaunan yang lebat. Dan untuk menambah nilai artistiknya tampak seorang lelaki tua di dalam bonsai sedang duduk memancing di bawah pohon.

Bonsai bernuansa Selatan Tiongkok ini dulunya merupakan pusaka paling berharga di taman (bunga) pribadi semasa pemerintahan Kaisar Qianlong (1711-1799), dan sekarang adalah destinasi wisata dan taman pribadi terbesar di Tiongkok dengan harga fantastis 6 juta yuan atau (sekitar Rp 12,3 miliar).

Bonsai “Qing Jin Chang Feng”

Bonsai pinus densiflora “Qi Jin Chang Feng” ini memenangkan Penghargaan Nasional di ajang Pameran Bonsai Tiongkok beberapa tahun yang lalu, dan bonsai ini seketika terkenal setelah mendapatkan penghargaan tersebut, harga bonsai ini melonjak dratis, sekarang bernila miliaran rupiah.

Bonsai Goshin “Pelindung Semangat (Protector of The Spirits)”

Nama dan makna bonsai ini sangat bagus, yakni “Goshin” dalam bahasa Jepang atau “Pelindung Semangat – Protector of The Spirits”, merupakan tanaman dengan tehnik pembonsaian yang diciptakan oleh John Y. Naka. Bonsai ini sangat terkenal di Amerika Serikat dan dibudidayakan pada tahun 1948 kemudian disumbangkan ke National Arboretum, Amerika Serikat.

Bonsai “Japanese Five Needle Pine atau the Prince Of Pine Bonsai”

Banyak yang tak bisa menduga usia dari tanaman mungil ini. Paling orang akan menduga usianya puluhan tahun. Padahal bonsai ini sudah berusia lebih dai 400 tahun. Tanaman yang berasal dari pinus putih ini dikenal sebagai tanaman yang selamat dalam tragedi bom atom Hiroshima, pada 6 Agustus 1945.

Bonsai memang tanaman hias yang unik. Bentuknya kecil, namun ia bisa hidup lama dan bertahan dari berbagai perubahan iklim, bahkan dari efek ledakan bom atom. Masaru Yamaki, pemiliknya menyumbangkan bonsai ini kepada Pemerintah Jepang kemudian disumbangkan ke National Arboretum, Washington, Amerika Serikat.

Bonsai Imperial

Bonsai Imperial ini memiliki sejarah lebih dari 450 tahun dan merupakan salah satu bonsai paling mahal di antara bonsai Jepang lainnya, yang dijual seharga 6,5 juta yuan (sekitar Rp 13,3 miliar) ketika itu.

Bonsai ini adalah hasil kreasi dari pengrajin Jepang, membangun “rumah” miniatur dalam bonsai, membuat orang yang melihatnya pun ternganga sambil menahan napas saking indahnya, benar-benar menakjubkan!

 Mari saksikan lagi bonsai lainnya:

Bonsai bunga sakura

Bonsai Wisteria

Bonsai Azalea

Bonsai Maple

Bonsai Pyracantha

Bonsai firethorn Jepang

Bonsai adalah seni kerajinan yang luas dan mendalam. Tak disangka, bonsai yang awalnya sederhana dan biasa-biasa saja dapat dikreasikan sedemikian rupa dan keindahannya !(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular