Erabaru.net. Merasa cemas dari waktu ke waktu terutama selama masa-masa stres adalah normal. Namun, jika Anda merasa cemas dan khawatir hampir sepanjang waktu hingga mengganggu rutinitas harian Anda, mungkin sudah waktunya untuk menarik napas dalam-dalam dan mengikuti tip-tip ini.

Seringkali mudah untuk menyerah pada kebiasaan terlalu merasa cemas dan mengkhawatirkan segalanya. Walaupun sedikit kecemasan adalah reaksi normal terhadap stres, terlalu banyak kecemasan dapat membahayakan kondisi fisik dan mental Anda.

Masalah dengan terlalu merasa cemas dan khawatir adalah bahwa mereka menjadi siklus yang tak terkendali untuk mengabadikan pikiran dan gambar negatif dalam pikiran Anda.

Ketika ini terjadi, sekarang saatnya untuk menghentikan siklus ini dan mengambil alih. Inilah yang dapat Anda lakukan:

1. Tulis yang membuat cemas dan kekhawatiran Anda

Jika ada rasa cemas atau kekhawatiran yang membuat Anda terjaga sepanjang malam, tuliskan di selembar kertas atau media yang paling nyaman bagi Anda. Ini akan memungkinkan otak Anda mengambil napas lega secara mental dengan tidak lagi harus diingatkan oleh kecemasan atau kekhawatiran itu.

Misalnya, jika Anda menekankan tentang apa yang harus dilayani untuk pertemuan berikutnya dengan teman-teman dekat, cukup tuliskan “Apa yang harus dilayani?” Dan gagasan apa pun yang muncul di benak Anda.

Lebih jauh lagi, menuliskannya akan membantu otak untuk memfokuskan kembali pada penyelesaian masalah atau masalah daripada menempatkan terlalu banyak energi untuk mengkhawatirkannya.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering cemas cenderung menunda-nunda juga. Sebuah studi yang dilakukan oleh Stoeber dan Borkovec pada tahun 2002 menunjukkan bahwa mereka yang menderita kecemasan kronis karena mereka tidak mampu menghasilkan solusi konkret untuk masalah mereka dan kekhawatiran terus berlanjut.

Menuliskannya akan membantu Anda melihat dengan jelas apa masalahnya dan dengan demikian, membantu Anda menyelesaikannya.

2. Sisihkan waktu untuk meditasi

Meluangkan waktu untuk bermeditasi dan menenangkan diri dapat benar-benar membantu mengurangi kecemasan Anda. Menurut sebuah studi di jurnal Social Cognitive and Affective Neuroscience, meditasi tidak hanya mengurangi tingkat kecemasan tetapi juga membantu Anda membuat keputusan yang lebih rasional dan mengendalikan emosi Anda.

Yang Anda butuhkan hanya beberapa menit, kapan saja dan jernihkan pikiran Anda dari kekhawatiran dan biarkan pikiran Anda mengembara.

3. Latihan

Seperti meditasi, olahraga juga membantu mengurangi tingkat kecemasan ketika hormon yang disebut hormon serotonin atau ‘bahagia’ dilepaskan saat berolahraga. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga menunjukkan efek yang serupa dengan meditasi.

Jadi, mengapa tidak bergerak dan mengalahkan stres dengan keringat alih-alih menangis!

Walaupun ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi kecemasan dan kekhawatiran berlebihan Anda, mungkin lebih baik berkonsultasi dengan dokter jika Anda mulai kehilangan kendali atasnya.

  • Itu telah mengganggu kehidupan sehari-hari Anda (termasuk kebersihan, sekolah, pekerjaan, dan kehidupan sosial) yang tidak dapat Anda kendalikan
  • Anda menggunakan narkoba atau alkohol untuk mengatasinya
  • Anda merasa bahwa itu mungkin disebabkan oleh masalah kesehatan yang mendasarinya
  • Anda memiliki pikiran atau perilaku untuk bunuh diri.

Semoga artikel ini akan bisa membantu Anda.(yant)

Sumber: GoodTimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular