oleh Zhang Ni

Selama beberapa dekade, para ilmuwan tidak hanya menggunakan teleskop radio untuk menangkap sinyal dari peradaban yang mungkin berasal dari luar angkasa. Tetapi ilmuwan terus mengirimkan sinyal ke luar angkasa dengan harapan dapat menerima tanggapan dari alien pada suatu hari.

Martin Dominik, seorang astronom dari Universitas St. Andrews, baru-baru ini mengatakan kepada The Times di Inggris bahwa manusia harus berhati-hati jika ingin mengirim pesan ke angkasa luar.

“Jangan-jangan kita yang dihabisi oleh mereka,” katanya.

Selama ini orang-orang selalu mendiskusikan terkait apakah alien dan peradaban luar bumi itu eksis? Tampak dalam gambar adalah wujud alien dalam film fiksi ilmiah. (Kameramen : Luo Yu-tang / The Epoch Times)

Observatorium Arecibo pada tahun 1974 mengirim pesan ke peradaban alien yang mungkin ada. Pada tahun 2008, pabrik keripik kentang Doritos mengirim iklan berdurasi 30 detik ke rasi bintang Ursa Major.

Tahun depan, para ilmuwan berencana untuk mengirim sinyal yang mewakili tabel periodik unsur-unsur kimia ke luar angkasa. Selain itu, kita juga mengirimkan gelombang radio yang berisi informasi seperti lagu-lagu lama dan film komedi ke semua arah di alam semesta.

Dominik mengatakan : “Siapa pun dapat mengirim informasi ke luar angkasa, tidak ada orang yang bisa menghentikannya. Tetapi beberapa orang khawatir tentang ini. Ini adalah pertama kalinya para astronom menghadapi akuntabilitas moral — haruskah kita mengirim informasi ke peradaban lain ? Apakah ini tidak berbahaya ? Perlukah kita bersikap rendah hati ? Apakah tidak ada strategi yang lebih baik ?”

Ditemukan pintu masuk ke pangkalan alien di Merkurius ? (Internet)

Dominik mengacu pada “Teori hutan gelap”. Teori ini menyatakan bahwa kita belum menemukan peradaban lain karena alam semesta seperti hutan yang gelap. Setiap peradaban seperti pemburu yang membawa senjata. Begitu peradaban kompetitif lain ditemukan, maka akan dihancurkan.

Dominik mengatakan : “Beberapa orang berpikir bahwa menghubungi alien adalah hal hebat yang harus dilakukan. Beberapa orang berpikir bahwa kita harus bersikap rendah hati dan tidak menghubungi alien — mungkin saja demikian masalahnya, kita benar-benar jangan mengontak alien.” (Sin/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular