Erabaru.net. Di antara teman-teman kamu, pasti ada satu atau dua orang akan menangis terbawa emosi saat menonton film drama yang menyedihkan, kemudian akan dicap cengeng, sentimental, lemah hati dan sebagainya.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mudah menangis ketika melihat film yang menyentuh hati sebenarnya adalah orang-orang yang kuat dan berempati, mereka adalah pemimpin yang berbakat dalam tim.

(Foto:Adobe Stock)

Menurut penelitian Paul Zak, seorang profesor di University of California, orang-orang yang tersentuh dan menangis dikarenakan “oxytocin/oksitosin”dari otak/pikiran. Oksitosin akan membantu seseorang terhubung dengan orang lain. Ini akan memaksa orang untuk bisa lebih empatik, mencintai, memercayai orang lain, dan tidak bertindak egois.

Paul Zak menuturkan : “Orang-orang ini tidak hanya dapat dengan cepat membangun hubungan baik dengan orang lain, tetapi mereka juga pintar dalam mengamati, peka terhadap hal-hal di sekitar mereka, dan akan berada di posisi pihak lain, ini adalah pemimpin empati yang paling dibutuhkan dalam tim.”

(Foto:Adobe Stock)

Selain itu, dalam buku “Leaders Eat Last: Why Some Teams Pull Together and Others Don’t”, pakar teori manajemen Simon Sinek mengatakan bahwa hanya budaya perusahaan yang memiliki empati baru bisa memiliki kesuksesan abadi.

Sinek menjelaskan, karena pemimpin sejati tidak akan membunuh angsa untuk tujuan jangka pendek dan mengorbankan kepentingan jangka panjang, tapi akan membawa kepercayaan yang mendalam kepada rekan kerja, yaitu, :”Sampai dimana tingkat saling percaya kita masing-masing tanpa kewaspadaan sedikit pun?”

Pemimpin sejati akan menciptakan tim yang solid dengan kepercayaan, persahabatan, dan loyalitas dan empati.

(Foto :Pixabay)

Dengan kata lain, mereka yang menangis saat terbawa emosi dalam film yang disaksikannya itu adalah orang-orang yang kaya secara emosional dan peduli dengan perasaan orang lain.

Mereka yang memiliki sifat seperti ini sebagai pemimpin, pasti akan membuat timnya harmonis, dengan hasil kerja yang gemilang, peluang keberhasilan juga akan lebih tinggi.

Oleh karena itu, para ahli menganggap bahwa mereka yang gampang menangis karena terbawa perasaan itu adalah pemimpin yang luar biasa!(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular