Erabaru.net. Hati adalah organ penting dalam memastikan fungsi tubuh berjalan dengan lancar. Karena itu, jika hati mengalami masalah atau gangguan, maka hidup kita juga akan terancam.

Baru-baru ini, diperkirakan 5,5 juta orang Amerika memiliki penyakit hati kronis atau ‘sirosis’. Ya, hal ini jangan dipandang remeh.

Karena itu, kami akan berbagi dengan Anda 8 tanda penting terkait kesehatan hati yang perlu Anda perhatikan.

1. Warna kulit dan mata kekuning-kuningan

Jika Anda memiliki gejala ini, hati Anda mungkin memiliki masalah besar – penyakit – penyakit kuning, di mana itu menyebabkan pigmentasi kulit, putih di titik-titik kuning. Warna kuning berasal dari bilirubin berlebihan yang merupakan pigmen dalam empedu hati. Hati yang sehat dapat dengan mudah menghilangkan bilirubin dengan mudah. Tetapi jika rusak, Anda menguning.

2. Lelah dan lesu

(Foto: depositphotos.com)

Ini bukan kelelahan normal karena dicampur dengan kelesuan, di mana itu adalah kondisi yang dikategorikan sebagai kurangnya energi fisik dan mental. Anda tidak termotivasi untuk melakukan apa pun. Terkadang, Anda hanya mengalaminya di pagi hari. Seseorang mengalaminya sepanjang hari.

3. Pembengkakan di perut

(Foto: depositphotos.com)

Ini adalah gejala yang dapat menyebabkan rasa sakit. Itu terjadi ketika banyak cairan di perut. Terkadang Anda akan mengalami perut kembung. Cairan yang terkumpul juga dapat menyebabkan kaki dan tangan Anda membengkak.

4. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan

(Foto: depositphotos.com)

Biasanya, dokter mendefinisikan kondisi ini sebagai rentetan dari perut kembung yang terjadi, di mana ada sejumlah besar angin di perut menyebabkan Anda kehilangan nafsu makan dan dengan demikian menurunkan berat badan.

5. “Spider angioma” pada kulit

(Foto: depositphotos.com)

Spider angioma terlihat seperti ‘jaring arteriol’ berlubang, terletak dekat dengan permukaan kulit. Jika ada di dada, leher dan wajah, itu bisa menjadi tanda penyakit hati.

6. Memar pada tubuh

(Foto: depositphotos.com)

Jika Anda mengalami kerusakan hati, produksi protein dapat melambat atau bahkan berhenti dan menyebabkan pembekuan darah yang parah. Oleh karena itu, orang dengan penyakit hati akan lebih mudah mengalami lebam daripada orang sehat.

7. Urin berwarna keruh

(Foto: depositphotos.com)

Warna urin dapat bervariasi, tetapi pasien dengan masalah hati akan menemukan bahwa warna urin mereka lebih keruh dari biasanya, seperti coklat tua, oranye gelap atau seperti batu ambar . Itu terjadi karena bilirubin berlebihan dan hati tidak dapat memecahnya.

8. Gatal-gatal

Gatal memang merupakan hal yang normal tetapi jika hati sudah rusak, gatal menjadi lebih buruk. Itu terjadi karena racun yang tidak bisa disaring oleh hati. Ketika racun berlimpah di dalam tubuh, maka Anda tidak akan bisa menahan rasa gatal lagi, terutama di malam hari.(yant)

Sumber: Erabaru.my, BrightSide.me

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular