Erabaru.net. Seorang wanita di Tiongkok berusia 30 tahun yang minum kopi hitam lebih dari 10 cangkir setiap hari dilaporkan memiliki tulang rapuh seperti seseorang yang berusia 60-an.

Masalah kesehatan Han Xiao, seorang pekerja kantor dari Wuhan, Tiongkok, mulai muncul ketika ia dikatakan menderita flu dan batuk berkepanjangan selama lebih dari setengah bulan. Selain itu, Han juga menderita sakit di dada, sehingga sulit tidur dan tidak bisa tengkurap.

Ilustrasi.

Keesokan harinya, Han pergi ke rumah sakit untuk menjalani perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut melalui uji sinar X-ray untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya. Pada saat itu, dokter mengkonfirmasi bahwa beberapa tulang rusuk Han telah retak oleh batuk yang kuat.

Dokter juga mengetahui bahwa Han adalah pecandu kopi yang telah mempraktikkan kebiasaan ini selama lebih dari tujuh tahun.

(Foto: MIMS Today)

Setelah itu, Han menjalani uji pemeriksaan kepadatan tulang dan mineral. Hasil tes dilaporkan bahwa kondisi tulang Han sama dengan kondisi seseorang yang berusia 60-an dan bakal menderita osteoporosis, yang penyakit tulang rapuh di usia muda.

WebMD melaporkan bahwa ada beberapa jenis makanan seperti garam, kafein dan bahkan soda yang dapat berkontribusi pada osteoporosis. Oleh karena itu, wanita khususnya disarankan untuk mengurangi asupan zat-zat ini dan mempraktikkan praktik makan sehat.

Untuk memastikan kondisi kesehatan yang optimal, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya kalsium dan secara berkala menguji kepadatan tulang untuk wanita berusia 45 tahun ke atas.(yant)

Sumber: Erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular