Erabaru.net. Kita tahu kesenjangan antara orang miskin dan kaya di Tiongkok sangat besar. Meskipun penduduk setempat banyak kaya, tetapi banyak juga orang-orang yang tidak mempunyai temat tinggal dan hidup di jalanan, menjadi pengemis.

Baru-baru ini, seorang netizen melihat sebuah pemandangan yang unik di jalan raya, karena biasanya para pengemis di jalanan akan sangat serius menatap uang receh di mangkuknya, tetapi mereka melihat seorang bocah perempuan duduk di jalanan sedang belajar dengan serius sambil mengenakan selimut tebal.

Netizen yang penasaran itu kemudian bertanya dan baru tahu, gadis cilik itu berusia 6 tahun adalah seorang pelajar. Karena tidak punya tempat tinggal, dia yang baru masuk sekolah itu ikut ayahnya mengemis di jalanan seusai pulang sekolah…..

Namun, meskipun miskin secara ekonomi, tapi tidak miskin cita-cita, dia tahu harus giat belajar dan menjadi orang yang berguna di masa depan, agar dapat memberikan hidup yang lebih baik pada orangtuanya….

Orang-orang baik hati yang lewat bukan saja akan memberikan uangnya ke dalam mangkuk ketika melihat pemandangan seperti itu, tetapi juga membelikan makanan dari toko terdekat sebagai pendorong semangat belajarnya!


Namun, yang bikin jengkel sekaligus geram, orang-orang baru tahu kalau ternyata ayah si gadis cilik itu “sama sekali bukan pengemis”.

Tetangganya menuturkan, bahwa pria itu sebenarnya memiliki dua unit rumah dan tanah, selain itu juga menerima subsidi untuk rumah tangga berpendapatan rendah.

Ia menjadi pengemis hanya karena “malas”, karena pendapatan mengemis jauh lebih besar daripada bertani, dia pun menjadi “pengemis profesional”.

Lalu mengapa harus mengemis sambil membawa putrinya. “Istri saya gila dan tidak bisa mengurusnya. Saya juga terpaksa membawanya untuk mengemis di jalanan. Lagipula, siapa yang mau kasih uang kalau orang-orang melihat anggota badan saya sehat-sehat, punya tangan dan kaki.” katanya terus terang.

Ternyata putrinya yang baru berusia 6 tahun itu sebagai “daya tariknya” agar orang-orang iba saat melihatnya dan memberikan sumbangan.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular