Erabaru.net. Pisang adalah salah satu buah yang paling mudah dikonsumsi dan merupakan sumber fosfor dan potasium yang baik. Sama seperti buahnya yang baik untuk kesehatan kita, kulitnya juga melakukan hal yang sama pada tanaman. Kulit pisang terurai dengan sangat cepat dan bisa sangat berguna untuk kebun Anda.

(Foto: Pixnio)

Berikut adalah 10 penggunaan kulit pisang di kebun yang harus kita ketahui:

1. Pupuk semprotan

Banyak orang menggunakan kulit pisang sebagai pengganti pupuk kimia. Kulitnya sangat cepat membusuk, karenanya akan menawarkan nutrisi penting ketika digunakan sebagai semprotan daun. Pemberian makan daun adalah teknik pemberian pupuk cair langsung ke daun tanaman Anda.

Anda bisa menambahkan kulit pisang, garam, kulit telur, dan air ke dalam wadah dan langsung menyemprotkannya ke daun.

2. Tumpukan kompos

Kulit pisang dapat terurai secara hayati dan cepat rusak. Jadi salah satu cara terbaik adalah menambahkannya ke tumpukan kompos. Pastikan bahwa mereka dicincang terlebih dahulu atau direndam atau sebagai bubur semi-padat.

Rinciannya akan meningkatkan kandungan kalium dan fosfor dari kompos Anda.

 

(Foto: Balcony Garden Web)

3. Menyuburkan tanaman tomat

Tanaman tomat mudah tumbuh tetapi Anda pasti membutuhkan kulit pisang jika Anda ingin tanaman Anda berkembang dan menghasilkan panen secara produktif. Kalium, zat besi, dan kalsium dalam kulit pisang akan memungkinkan tanaman tomat mendapatkan makanan sepanjang musim.

Cukup tempatkan dua kulit pisang ke dasar lubang dan tambahkan kembali tanah untuk menutupi kulitnya. Anda kemudian dapat menempatkan biji tomat di atas kulit pisang yang tertutup.

4. Pupuk bibit

Karena kulitnya dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman, itu akan baik sebagai pupuk bibit. Potong beberapa kulit pisang menjadi potongan-potongan kecil dan kubur di tanah, tepat di bawah lapisan atas tanah kebun, atau di bagian bawah wadah awal benih.

Pastikan bahwa biji atau bibit tidak menyentuh kulit secara langsung pada saat penanaman karena dapat berakhir membakar dan merusak akar kecil mereka.

(Foto: Pxhere)

5. Perkuat tanah

Berikan sentakan langsung nutrisi ke tanah kebun Anda dengan menanam satu atau dua kulit pisang di dalamnya. Gali parit sedalam 10 cm dan cukup panjang untuk mengakomodasi kulitnya. Letakkan rata dengan bagian dalam menghadap ke atas dan tutupi dengan tanah. Seiring waktu, mereka akan melepaskan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, kalium, dan fosfor.

6. Kontrol kutu

Potong-potong kulit pisang atau gunakan potongan pisang kering untuk ini. Gantungkan atau timbun potongan-potongan atau potongan kering sepanjang 1 hingga 2 5 cm ke dalam tanah di sekitar pangkal tanaman yang terserang. Kutu daun akan segera hilang karena dikatakan membenci bau pisang yang sudah matang.

Gantung saja seperti itu juga akan berlaku.

(Foto: Balcony Garden Web)

7. Cuka pisang

Tanaman yang menyukai asam seperti gardenia, rhododendron, blueberry, dan azalea mendapat manfaat dari semprotan cepat cuka pisang. Cuka dapat meningkatkan keasaman dan meningkatkan kandungan besi dalam tanah jika digunakan dalam jumlah kecil — memungkinkan tanaman tumbuh lebih baik dan mengembangkan dedaunan yang sehat. Anda bisa membuatnya dalam durasi dua bulan dengan menggabungkan kulit pisang, air, dan ragi cuka.

Jika ramuan memiliki aroma cuka yang kuat, encerkan dengan jumlah air yang sama untuk menghindari pembakaran tanaman.

8. Teh kompos

Jika Anda kekurangan tumpukan kompos, itu seharusnya tidak menghalangi Anda untuk memberi makan pupuk organik ke kebun Anda. Cukup masukkan beberapa kulit pisang ke dalam ember berisi air dan diamkan selama beberapa hari.

Anda akan mendapatkan teh pisang kaya mineral yang akan memperkaya bunga dan sayuran Anda dengan nutrisi dan mendorong pertumbuhan yang kuat.

(Foto: Pixabay)

9. Jebakan lalat buah

Lalat buah selalu menjadi masalah ketika harus menyimpan buah di rumah. Anda dapat memotong kulit pisang, menaruhnya di wadah plastik dan menuangkan cuka sari apel. Buah beberapa lubang di tutupnya, cukup besar untuk memungkinkan lalat buah masuk. Aroma cuka dan pisang akan menarik mereka dan mereka akan memasuki wadah. Buah lalat akhirnya akan mati dalam cairan.

10. Tarik kupu-kupu dan burung

Burung dan kupu-kupu terkadang berguna untuk penyerbukan tanaman. Dengan meletakkan kulit pisang yang sudah matang pada platform yang ditinggikan atau memotong-motong kulit pisang menjadi potongan-potongan, itu dapat mendorong burung dan kupu-kupu di kebun Anda. Pisang juga cenderung menarik lebah, kumbang, dan ulat bulu, jadi pastikan untuk meletakkannya di atas platform di atas tanaman Anda.

(Foto: Balcony Garden Web)

Ada banyak tips yang bisa kita coba! Selamat mencoba!(yant)

Sumber: Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular