- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Para Ahli Tidak Bisa Mempercayai Mata Mereka Ketika Mereka Melihat Ukuran Tupai Raksasa Malabar Ini

Erabaru.net. Ketika ahli tupai John Koprowski melihat seekor tupai raksasa Malabar selama kunjungannya ke India pada tahun 2006, ia sulit untuk mempercayai apa yang dilihatnya di depan matanya.

Pada awalnya, Koprowski berpikir bahwa ia menemukan seekor primata. Namun, dia kemudian menyadari bahwa binatang yang dia lihat bukan primata tetapi tupai raksasa.

Tupai raksasa Malabar berukuran besar, dua kali lebih besar dari tupai abu-abu timur dengan tubuh yang dapat tumbuh sepanjang 91 cm dari kepala ke ekor.

[1]

“Ini adalah raksasa!” Profesor di Sekolah Sumber Daya Alam dan Lingkungan di Universitas Arizona mengatakan kepada The Dodo.

Ternyata, ukuran raksasa mereka yang mengejutkan bukanlah satu-satunya yang mengejutkan Koprowski. Tupai raksasa Malabar itu juga memiliki bulu warna-warni mulai dari coklat, hitam, oranye, dan bahkan merah marun dan ungu.

[2]

Meskipun lazim hewan ditemukan dengan bulu hitam dan coklat, warna merah marun dan ungu pada hewan tidak biasa, karenanya, membuat tupai raksasa Malabar lebih unik.

Plus, bulu warna-warni tidak hanya untuk tujuan estetika. Warna bulu mereka yang berbeda dan tidak biasa memberikan perlindungan dan penyamaran yang lebih baik dari pemangsa potensial di alam liar.

[3]

“Di bawah naungan hutan lebat, warna yang warna warni dan rona gelap adalah adaptasi yang bagus untuk menghindari deteksi,” kata Koprowski.

“Tapi ketika kamu melihat ini di bawah sinar Matahari, mereka menunjukkan ‘warna asli’ mereka dan [bulu] yang indah.”

Mereka juga memiliki telinga besar dan kaki depan yang kuat untuk membantu mereka melompat dari satu pohon ke pohon lain karena tupai raksasa Malabar kebanyakan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di atas pohon.

Tidak seperti tupai lainnya, tupai raksasa Malabar tidak akan muncul di sekitar area di halaman belakang Anda.

Jenis tupai unik ini hanya dapat ditemukan di Asia Selatan, terutama di India.

[4]

Bahkan kemudian, mungkin masih sulit untuk menemukan mereka di hutan India. Pakar tupai dan peneliti di Universitas Hokkaido, Pizza Ka Yee Chow, menjelaskan kepada The Dodo.

“Mereka sangat pemalu. Salah satu teman saya yang tinggal di India berbagi dengan saya bahwa cara terbaik untuk melihat tupai raksasa ini adalah memanjat pohon, tetap diam dan menunggu mereka muncul dari [sarang] mereka, ”katanya.

Saat ini, tupai raksasa Malabar tidak berisiko untuk punah dalam waktu dekat.

Namun, karena populasi mereka telah menurun selama beberapa tahun terakhir, mereka dapat berada dalam bahaya kepunahan jika mereka tidak dilindungi.

[5]

“Ancaman nyata adalah lambatnya kehilangan dan degradasi habitat hutan ketika manusia bergerak masuk dan karena perubahan iklim berdampak pada daerah yang lebih tinggi,” kata Koprowski.

“Kabar baiknya adalah bahwa mereka memiliki distribusi yang luas dan tampaknya mentolerir kehadiran manusia dan bahkan beberapa tingkat perumahan kepadatan rendah.”

“Mereka adalah bagian dari kelompok tupai yang cukup kuno,” kata Koprowski. “Mereka adalah kelompok evolusi unik yang sudah lama ada di sini, yang merupakan hal yang baik.”(yant)

Sumber: Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi: