Erabaru.net. Untuk koki yang mahir, memasak dengan bahan-bahan segar dapat menjadi tugas yang tidak dapat dilupakan! Seorang koki amatir di Tiongkok, berkesempatan memasak hidangan yang terbukti memberikan hasil yang mengejutkan. Dalam sebuah video yang diposting ke Weibo, versi Twitter Tiongkok, pada tanggal 20 Maret 2019, seorang pria di lokasi yang dirahasiakan di Tiongkok berusaha memasak satu baskom belut sawah.

Foto: Masakan belut sawah (Pengguna: Nine-eats / weibo.com)

Namun, saat sang koki menuang belut-belut tersebut ke dalam wajan berisi air mendidih, belut-belut tersebut keluar dari wajan ke segala arah untuk menghindari air panas, sehingga dapur menjadi berantakan.

Dinamai belut sawah karena ditemukan dan ditangkap di sawah, sehingga hidangan yang umum di beberapa bagian Tiongkok ini, secara harfiah diterjemahkan sebagai “Belut Sawah Goreng yang Meledak.”

Koki dalam video memiliki istilah yang sedikit berbeda untuk nama hidangan ini.

Cara Memasak Belut

Dalam video tersebut, koki menunjukkan bahan masakannya. Sebuah baskom aluminium penuh berisi belut sawah dengan panjang dan ukuran yang berbeda. Sang koki bahkan mendorong belut yang besar kembali ke dalam baskom saat belut tersebut berusaha meluncur keluar.

Foto: (Pengguna: Sarkasme Pertama Dunia / Weibo.com)

Dalam adegan berikutnya, tampak sebuah wajan berisi air mendidih di atas kompor gas. Koki mulai menuang belut-belut yang masih hidup tersebut ke dalam wajan yang berisi air mendidih.

Foto: (Pengguna: Sarkasme Pertama Dunia / Weibo.com)

Alhasil, saat belut-belut menghantam air mendidih, mereka dengan liar berhamburan ke segala arah. Suara air yang mendesis saat mengenai api memenuhi dapur.

Foto: (Pengguna: Sarkasme Pertama Dunia / Weibo.com)

Dalam hitungan detik, seluruh dapur berantakan dipenuhi oleh belut-belut yang  menggeliat putus asa.

Foto: (Pengguna: Sarkasme Pertama Dunia / Weibo.com)

Sebagian besar belut melarikan diri ke lantai dan memberontak, sementara hanya beberapa belut yang tersisa di dalam wajan yang sudah tidak bergerak.

Foto: (Pengguna: Sarkasme Pertama Dunia / Weibo.com)

Sang koki hanya terdiam. Setelah ia mengamati bencana tersebut, ia berseru dalam dialek lokal: “Benar-benar kacau!”

Seseorang berkomentar bahwa seharusnya sang koki memasukkan belut ke dalam wajam berisi air terlebih dahulu, kemudian mendidih air tersebut.

Bagaimana Koki Profesional Memasak?

Di Tiongkok, orang bercanda bahwa mereka makan apa saja. Ada beragam cara untuk memasak bahan-bahan tertentu.

Foto: Sup belut sawah. (Pengguna: Turnips dan Green Radish 2007918 / weibo.com)

Belut sawah dalam video tersebut dapat dimasak dengan berbagai cara. Cara yang sangat umum adalah digoreng.

Banyak dari hidangan ini hanya menyebutkan bahan utama, tetapi juga dapat dimasak bersama dengan berbagai sayuran, rempah-rempah, dan saus untuk menambah citarasa.

Contoh lain termasuk Teriyaki Belut Sawah, Sup Belut Sawah, dan Belut Sawah Goreng Bawang Putih.

Bahkan, banyak dari hidangan ini dapat dengan mudah menggantikan daging belut dengan daging lainnya, meskipun cara memasaknya mungkin tidak sama.

Di beberapa daerah, Teriyaki Daging Sapi selalu disajikan di mana potongan daging sapi yang kecil dicampur dengan kentang. Tetapi Teriyaki Babi hanya disajikan dalam semangkuk kaki babi dengan citarasa teriyaki. (Daniel Holl/ Vv)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular