Erabaru.net. Bagi penggemar sushi atau makanan Jepang, pastinya tidak lengkap tanpa wasabi. Bayangkan di depan Anda ada sushi favorit Anda seperti inari, salmon atau unagi, dimakan dengan shoyu atau nitsume, sangat menggugah selera. Namun, bagi sebagian orang itu tidak sempurna tanpa wasabi.

Namun, tahukah Anda bahwa mungkin wasabi yang Anda makan sebenarnya bukan yang asli? Ini karena sebagian besar wasabi di luar Jepang biasanya dicampur dengan beberapa bahan lain seperti lobak, sawi dan pewarna makanan.

Wasabi yang sebenarnya dikatakan memiliki rasa seperti rempah-rempah. Rasanya tidak terlalu pedas dan rasanya tidak tahan lama. Wasabi juga dianggap sebagai tanaman mahal karena sulitnya mengolahnya. Mari kita mengenal wasabi yang sebenarnya dan dari mana asal wasabi itu.

1. Wasabi sebenarnya berasal dari akar Wasabia Japonica

ingredient,

Kebanyakan wasabi yang Anda temukan di restoran Jepang di luar Jepang atau restoran di Jepang bukanlah wasabi asli.

2. Wasabi Japonica berasal dari Jepang

Informasi tentang tanaman ini dapat ditemukan di buku botani dan kamus di Jepang. Namun, Saat ini tanaman tersebut juga ditanam di Tiongkok, Taiwan, Selandia Baru, Australia dan Amerika Utara.

3. Daun tanaman wasabi juga bisa dimakan

Daun wasabi bisa langsung dimakan (digunakan sebagai lalap), dijadikan acar atau digoreng.

4. Wasabi yang sebenarnya hilang rasanya setelah 15 menit atau lebih

Grate the Wasabi in Japan.

Untuk mendapatkan wasabi segar, Anda harus menabur akar pohon wasabi dan dikatakan bertahan selama 15 menit.

6. Wasabi dikatakan memiliki fungsi dalam pengobatan

Diyakini bahwa wasabi sebenarnya memiliki efek anti-mikroba dan anti-inflamasi.

Wasabi datang dalam tiga bentuk yaitu pasta wasabi, bubuk wasabi dan akar wasabi.

1. Pasta wasabi : Wasabi yang telah digunakan sebagai pasta dan dikirim dalam kondisi beku. Setelah Anda mulai menggunakannya, pasta harus disimpan di lemari es. Ini tidak sebagus wasabi segar tetapi lebih baik dari wasabi buatan.

2. Wasabi bubuk: Harganya tidak begitu mahal tetapi masih belum bagus.

3. Akar wasabi: Anda perlu mengikis wasabi root sendiri saat Anda ingin memakannya. Jika disimpan dengan benar, Anda dapat menyimpan akar wasabi hingga satu bulan.

Untuk mengetahui apakah restoran tempat Anda menyantap sushi dan sashimi menggunakan campuran wasabi asli atau tidak, perhatikan saja teksturnya. Jika teksturnya cenderung berserat seperti wortel yang diparut halus, maka bisa dipastikan ada wasabi asli.(yant)

Sumber: Erabaru.my

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular