Erabaru.net. Pernah bertanya-tanya mengapa Anda bertambah berat badan dengan mudah ketika Anda hampir tidak punya waktu untuk duduk untuk menikmati makanan yang baik ketika Anda begitu sibuk di tempat kerja? Kemungkinannya, stres adalah penyebab sesungguhnya.

Menurut sebuah artikel BBC yang ditulis oleh Dr. Michael Mosley, stres kronis dapat mengganggu tidur dan kadar gula darah kita, membuatnya lebih mudah bagi kita untuk kelaparan dan menemukan kenyamanan dalam makan.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa jika situasinya berlangsung cukup lama, tingkat stres yang lebih tinggi dan gangguan gula darah dan siklus tidur dapat menyebabkan kadar lemak tubuh yang tidak sehat dan juga diabetes tipe-2.

Mosley kemudian menjelaskan bahwa konsekuensi stres yang tidak diinginkan adalah akibat tubuh kita masuk ke mode “pertarungan atau lari” ketika kita merasa stres.

Ketika tubuh sedang stres, ia mulai bersiap dengan melepaskan glukosa sehingga kita bisa memiliki lebih banyak energi di otot kita.

Namun, karena kita tidak benar-benar dalam bahaya, pankreas kemudian memompa insulin untuk menurunkan kadar glukosa.

Tingkat gula darah yang berfluktuasi dalam tubuh kita inilah yang membuat kita mudah lapar.

Rupanya, jika Anda tidak cukup tidur, itu juga akan menyebabkan rasa lapar yang terus-menerus dan kenyamanan untuk makan.

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Karenanya, inilah mengapa kita harus mengurangi stres dengan melakukan aktivitas santai setelah jam kerja. Salah satu teknik yang ia rekomendasikan untuk mengurangi stres adalah dengan menghilangkan stres itu.

Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang menurut Anda paling santai; duduk, berdiri atau berbaring. Pertama, mulailah bernapas sedalam mungkin hingga hitungan kelima melalui hidung.

Selanjutnya, bernapaslah dengan lembut melalui mulut Anda ke hitungan lima, dengan mantap. Teruslah bernapas masuk dan keluar selama tiga dari lima menit.

Dr. Mosely juga menekankan bahwa stres dapat dikurangi dengan berolahraga, berkebun, melakukan yoga, atau melakukan apa saja yang dapat menenangkan pikiran Anda setelah seharian sibuk bekerja atau sekolah.

Yang terpenting, katanya, bahwa aktivitas penghilang stres hanya bekerja jika Anda menikmatinya dan merasa santai. Jadi, cobalah hal yang berbeda dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda!(yant)

Sumber: Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular