- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Produsen Sepeda Terkemuka Dunia Tutup Pabriknya di Chengdu, Tiongkok

Erabaru.net- Perusahaan produsen sepeda terkemuka dan terbesar dunia, Giant Manufacturing Co. Ltd  menutup pabriknya di Chengdu, Tiongkok tahun lalu.

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi tahunan mencapai 300.000 unit. Hengkangnya perusahaan ini seiring merosotnya pasar Tiongkok. Akibatnya, laju penarikan modal asing di negara itu semakin tak terhindarkan. Pabrik di Chengdu telah menjadi pabrik besar di luar negeri yang ditutup. 

Melansir laman The Liberty Times pada 27 Maret lalu, Kepala pejabat keuangan Giant Manufacturing Co. Ltd, Bonnie Tu, mengatakan tutup atau bukanya sebuah pabrik tergantung kondisi dan tidak perlu dipaksakan beroperasi.

Bonnie Du mengatakan, pabrik Giant di Chengdu awalnya untuk memasok pasar permintaan domestik Tiongkok, tapi kini  berakhir. Menghadapi kelebihan kapasitas produksi sepeda di pabrik Tiongkok, produk-produk ini akan diekspor ke Australia, Jepang, dan Korea Selatan. Selain itu, Giant juga berencana berinvestasi sebesar 5 miliar dollar Taiwan di Taiwan pada tahun ini.

Produksi sepeda Ginat yang dibangun di Tiongkok menyumbang sekitar setengah dari keseluruhan kapasitas produksi. Sedangkan produksi di Taiwan menyumbang sekitar sepertiganya.

Empat tahun terakhir, pasar permintaan sepeda domestik di Tiongkok menurun. Dampaknya, pabrik-pabrik di Tiongkok menghadapi masalah kelebihan kapasitas.

Menurut group Giant, kapasitas produksi perlu disesuaikan dengan kondisi pasar serta memanfaatkan sumber daya seefektif mungkin untuk pertumbuhan laba. Oleh karena itu, perusahaan ini mengatakan tidak perlu bertahan dengan pabrik yang ada di Tiongkok.

Terimbas perang dagang Amerika Serikat-Tiongkok,  telah terjadi penurunan konsumsi hampir di semua sektor di Tiongkok, termasuk dalam penjualan mobil turun hingga 6%. Penurunan ini pertama kalinya dalam 28 tahun terakhir.

Pertumbuhan penjualan ritel di Tiongkok juga telah melambat menjadi 9% tahun lalu. Angka ini terendah dalam 15 tahun terakhir.

Tahun lalu, dipengaruhi oleh fluktuasi harga saham dan perumahan, sehingga berdampak pada menurunnya kekayaan rumah tangga. Akumulasi efek berantai dari berbagai faktor menyebabkan daya beli dan konsumsi masyarakat menurun.

Perusahaan Giant yang didirikan di Taiwan pada tahun 1972 silam memiliki pangsa pasar sepeda terbesar di dunia. Saat ini, sepeda Giant telah dijual di lebih dari 50 negara seluruh dunia.

Perusahaan ini memiliki lebih dari 10.000 distributor di seluruh dunia. Produsen ini menjadi salah satu merek sepeda terkemuka di dunia. (Sin/asr)

Video Rekomendasi :