- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Mereka Mengonsumsi 7.000 Kalori Per Hari dan Lebih Sehat daripada Kita, Apa Rahasia Mereka?

Erabaru.net. Makan hingga 7.000 kalori dan berat lebih dari 135 kg tidak sama apa yang kebanyakan orang pikirkan tentang menjalani gaya hidup sehat.

Lalu, mengapa pegulat sumo yang biasanya mengonsumsi hampir 10.000 kalori per hari dan beratnya antara 135 kg hingga 180 kg tidak menderita serangan jantung, diabetes, stroke atau penyakit terkait obesitas?

Sementara pegulat sumo biasanya berbobot dua atau tiga kali lebih berat daripada orang dewasa rata-rata, mereka mungkin lebih sehat daripada kebanyakan orang berkat tingkat latihan yang tinggi yang mereka lakukan setiap hari.

[1]
(Foto: Yokota)

Biasanya, orang dengan obesitas menyimpan sejumlah besar lemak visceral yang merupakan lemak yang disimpan di sekitar area perut. Lemak visceral sering menjadi penyebab banyak penyakit karena membungkus banyak organ vital dalam tubuh seperti pankreas, hati, dan usus.

Lemak visceral dapat menyebabkan peradangan yang selanjutnya mengarah pada masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan serangan jantung.

Jika ini masalahnya, bukankah seharusnya semua pegulat sumo menderita penyakit terkait obesitas?

Menurut Insider, serangkaian CT scan mengungkapkan bahwa pegulat sumo tidak memiliki lemak visceral sama sekali. Faktanya, sebagian besar lemak mereka adalah lemak subkutan yang biasanya tidak berbahaya dan dapat membantu melindungi dari banyak penyakit.

Berbeda dengan asumsi populer, pegulat sumo sering memiliki kadar trigliserida normal dan kadar kolesterol rendah yang membantu mereka terlindungi dari serangan jantung dan stroke.

[2]
(Foto: Wikimedia Commons)

Rahasia untuk itu adalah tingkat latihan yang intens yang mencegah penumpukan lemak visceral dalam tubuh mereka. Olahraga meningkatkan hormon yang disebut adiponektin yang hormonnya kemudian membantu memecah molekul glukosa dan lemak dan mencegah penumpukan lemak visceral.

Hari biasa untuk pegulat sumo dapat dimulai dari jam 5 pagi di mana mereka akan memulai pelatihan sebelum Matahari terbit dan terus berlatih selama lima jam berturut-turut.

Namun, ada juga kerugian untuk menjalani gaya hidup seperti ini. Ketika mereka berhenti melakukan latihan yang intens, begitu pula manfaatnya.

Ketika pegulat sumo pensiun, mereka harus mengurangi asupan kalori mereka. Jika tidak, mereka akan berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

[3]
(Foto: Wikimedia Commons)

Itu menjelaskan mengapa pensiunan pegulat sumo di Jepang meninggal sekitar 10 tahun lebih muda dari rata-rata orang dewasa.

Sementara memikirkan makan 7.000 kalori per hari mungkin menarik bagi banyak dari kita, Anda juga harus melakukan latihan yang intens dan melelahkan setiap hari hanya untuk membakar kalori.

Kecuali Anda tidak siap untuk berolahraga selama lima jam berturut-turut per hari, Anda mungkin tidak boleh makan kalori sebanyak ini.(yant)

Sumber: GoodTimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi: