Erabaru.net. Banyak orang yang tidak menyadari manfaat jambu biji. Dengan aromanya yang segar dan rasanya yang enak, jambu biji dapat dimakan mentah, dijadikan jus dan bahkan dijadikan camilan jambu kering.

Selain rasanya yang enak, jambu biji juga kaya akan nutrisi dan baik untuk tubuh kita. Inilah 7 kebaikan jambu biji yang perlu Anda ketahui:

1. Kulit yang bercahaya

Dipercaya memiliki kandungan vitamin C empat kali lebih tinggi daripada jeruk dan kadar air yang tinggi, makan jambu biji dapat membantu melembabkan kulit dan merangsang produksi kolagen dan elastin — membantu menjaga kulit kita tetap kencang, elastis, dan awet muda.

Sifat-sifat keras pada jambu biji dan daun jambu biji yang belum matang meningkatkan tekstur kulit, melindunginya dari sinar ultraviolet Matahari dan mencegah munculnya jerawat. Anda juga dapat membilas kulit Anda dengan ramuan yang terbuat dari buah dan daun yang belum matang.

Jambu biji merah terutama mengandung sifat antioksidan yang kuat sehingga disarankan untuk mengonsumsi jambu biji setiap hari untuk meningkatkan kesehatan kulit.

2. Kesehatan mental

Jambu biji adalah sumber tembaga yang baik, yang penting bagi kesehatan tiroid — salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ. Tembaga membantu mengendalikan produksi dan penyerapan hormon, karenanya asupan jambu biji secara teratur dapat mengurangi kecemasan emosional dan meningkatkan emosi positif.

3. Meningkatkan daya konsentrasi

Kaya akan Vitamin C, Vitamin B3, Vitamin B6, dan antioksidan kuat lainnya, jambu biji merangsang fungsi kognitif, mempertajam focus kita, membantu menyehatkan otak dan fungsi mental, serta meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

Pottasium dalam jambu membantu menjaga konduktivitas listrik otak, yang penting untuk meningkatkan kapasitas berpikir dan mengingat.

4. Rambut yang sehat

Kaya akan Vitamin A, asam folat, kalium, tembaga, mangan, serat, flavonoid, dan phytochemical lainnya, jambu biji bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan rambut yang sehat — membantu membuat rambut tumbuh lebih cepat! Juga tinggi vitamin C, jambu biji mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

5. Penglihatan yang lebih baik

Dengan Vitamin A tingkat tinggi, jambu biji sangat penting untuk penglihatan yang baik karena dapat membantu menjaga kornea yang sehat dan bersih, melindungi sel-sel di mata kita. Sementara itu, Vitamin C dalam jambu biji meningkatkan kapiler yang sehat dan mempertahankan fungsi sel retina yang tepat. Vitamin A juga dapat membantu memperlambat perkembangan masalah penglihatan seperti katarak, degenerasi makula, rabun senja.

Asupan jambu biji secara teratur akan membantu meningkatkan penglihatan Anda.

6. Merilekskan tubuh dan pikiran

Jambu biji kaya akan magnesium yang bertindak sebagai perelaksasi syaraf — membantu mengendurkan otot dan saraf tubuh. Vitamin B6 dalam jambu biji adalah piridoksin, yang bagus untuk membuat saraf Anda rileks. Jambu biji juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang tubuh, dan mengurangi kelelahan.

7. Memperbaiki sistem pencernaan

Jambu biji kaya akan serat dan serat penting untuk menurunkan kadar gula darah, baik untuk membersihkan sistem pencernaan dan menjaga pergerakan usus. Daun jambu biji teh sebenarnya adalah obat umum untuk diare — akan menyebabkan lebih sedikit tinja berair dan mengurangi sakit perut, membantu pemulihan lebih cepat. Efek antibakteri dari buah jambu biji juga membantu membersihkan saluran pencernaan, menghambat pertumbuhan mikroba dan bakteri.

Berkat kandungan serat dan kalium yang tinggi, jambu biji juga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, dan membakar lebih banyak lemak.

Tidak kita duga ada banyak manfaat yang tidak kita sadari!(yant)

Sumber: GoodTimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular