Erabaru.net. Daya tahan baterai selalu menjadi perhatian ketika datang untuk membeli telepon. Tetapi mahasiswa dari University of California di Irvine, AS, ini mungkin telah memecahkan masalah ketika dia secara tidak sengaja mengembangkan baterai isi ulang yang mungkin bertahan selama 400 tahun!

Pada 2016, mantan mahasiswi PhD, Mya Le Thai, berusaha menemukan cara untuk merancang kawat nano yang lebih baik untuk digunakan pada baterai isi ulang normal.

Thai pada waktu itu meneliti sifat-sifat kawat nano yang terbuat dari emas dan tertanam dalam gel elektrolit khusus.

(Foto: YouTube / ucirvine)

Saat melakukan beberapa tes di laboratorium, Thai membuat penemuan yang mencengangkan ketika dia mengetahui bahwa baterai itu bertahan 200.000 siklus pengisian daya dalam tiga bulan tanpa kehilangan kinerja.

Thai secara tidak sengaja telah mengembangkan teknologi yang berpotensi dapat membantu baterai menahan biaya tak terbatas.

(Foto: YouTube / ucirvine)

“Dia mulai menggilir kapasitor gel ini, dan saat itulah kami mendapat kejutan. Dia mengatakan bahwa hal ini telah berputar 10.000 putaran dan masih berjalan. Dia kembali beberapa hari kemudian dan mengatakan sudah berputar selama 30.000 putaran. Itu terus berlangsung selama satu bulan, ”kata ketua departemen kimia universitas Reginald Penner.

“Biasanya baterai ini menurun dengan cepat setelah hanya lima atau enam ribu putaran, paling banyak tujuh ribu. Itu gila, ”tambah Penner.

ICYMI: Better batteries through chemistry UCI breakthrough may extend the life of computers, smartphones and…

Posted by University of California, Irvine on Monday, May 16, 2016

Sekarang lulusan PhD dan bekerja sebagai Senior Process Engineer di Intel Corporation, penemuan Thai mengarah pada baterai yang dapat memberi daya pada smartphone atau laptop normal selama 400 tahun dan mungkin tidak memerlukan pengganti seumur hidup.

Para peneliti masih tidak yakin mengapa kombinasi kabel gel dan emas membuat baterai super dan saat ini mencari pilihan emas yang lebih murah.

(Foto: YouTube / Martha Heil)

Mari kita berdoa untuk kesuksesan mereka sehingga kita dapat segera menggunakan baterai yang sangat tahan lama untuk smartphone kita!(yant)

Sumber : GoodTimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular