Erabaru.net. Bagi kebanyakan dari kita, sulit untuk memulai hari tanpa secangkir kopi yang baik – selain membantu kita tetap terjaga, ramuan cokelat yang kuat memberi kita dorongan energi yang berharga.

Tapi tahukah Anda apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda minum kopi setiap hari?

Membuat Anda lebih cerdas

Apakah Anda memulai hari dengan kopi dan sesuatu yang manis?

Penelitian telah menunjukkan bahwa ini dapat meningkatkan kemampuan belajar Anda, membantu otak Anda fokus dan meningkatkan daya ingat.

Para peneliti di University of Barcelona telah menunjukkan bahwa otak bekerja lebih efisien ketika ‘di bawah pengaruh’ kafein bersama beberapa glukosa.

(Foto: Wikipedia)

Mengurangi risiko penyakit jantung

Jika Anda khawatir tentang kesehatan jantung, Anda mungkin ingin mencoba minum 3 cangkir kopi sehari.

Para peneliti telah mempelajari korelasi antara aritmia jantung dan asupan kafein.

Hasilnya, yang diterbitkan dalam JACC: Clinical Electrophysiology, mengungkapkan korelasi terbanyak dari 230.000 subjek uji. Di antara mereka yang minum kopi secara teratur, risiko fibrilasi atrium secara signifikan lebih kecil daripada mereka yang jarang minum kopi.

Membuat Anda lebih bahagia

Secangkir kopi di pagi hari memberi Anda lebih banyak energi dan membantu Anda tetap terjaga. Tapi tahukah Anda bahwa itu juga bisa membuat Anda lebih bahagia?

Minum lebih dari satu cangkir kopi sehari mengurangi risiko depresi berkat zat antioksidan, menurut para peneliti.

(Foto : Wikipedia)

Menurunkan risiko diabetes

Sebuah studi skala besar mengungkapkan bahwa orang yang minum 7 cangkir kopi sehari mengurangi risiko diabetes hingga 50 persen, dibandingkan dengan orang yang minum hanya 2 cangkir sehari.

Melindungi terhadap penyakit Alzheimer

Ilmuwan Italia percaya bahwa minum kopi sangat efektif untuk melawan ingatan yang memburuk.

Tepat satu cangkir kopi sehari menjauhkan Alzheimer – tetapi jangan pernah minum lebih atau kurang.

Jika Anda terlalu banyak minum kopi, risiko kegagalan kognitif ringan menjadi dua kali lipat, menurut penelitian yang pertama kali diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease.

Para peneliti menunjukkan bahwa kafein tidak mencegah Alzheimer dan demensia, tetapi menjaga penyakit tetap terkendali.

Anda menjadi lebih ramah

Peneliti Amerika melakukan percobaan pada sejumlah subjek uji. Mereka diberikan secangkir kopi atau minuman dingin sebelum dipertemukan dengan orang asing.

Hasilnya? Mereka yang mengonsumsi kopi lebih ramah terhadap orang asing dan lebih bahagia selama pertemuan mereka dengan kenalan baru mereka.

Melindungi terhadap kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker, meskipun belum ada yang secara konsisten terbukti.

Antara lain, satu penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang minum lebih dari empat cangkir kopi sehari, 22 persen mengurangi risiko terkena kanker rahim dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi sama sekali, menurut Live Science.

(Foto: Unsplash)

Dapat menyelamatkan hidup Anda

Para peneliti telah mengamati bagaimana dua cangkir kopi dapat membuat perbedaan bagi orang yang menderita sirosis, yaitu fungsi hati yang buruk.

Total sembilan studi dan 430.000 peserta digabungkan – kesimpulannya adalah bahwa peminum kopi memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap sirosis, terutama di antara mereka yang mengonsumsi alkohol.

Melindungi terhadap Parkinson

Kopi diketahui memberikan perlindungan tertentu terhadap penyakit Parkinson.

Para peneliti di Linköping University di Swedia juga menemukan varian genetik yang memberikan perlindungan terhadap penyakit Parkinson – terutama jika Anda minum banyak kopi.(yant)

Sumber: Newsner

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular