Erabaru.net. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan pada saat yang sama, Anda mudah terharu ketika menonton film sedih, ini adalah berita baik untuk Anda. Ternyata, menangis emosional dapat membantu menurunkan berat badan!

Menurut AsiaOne, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa tangisan emosional dapat membantu seseorang menurunkan berat badan karena dikaitkan dengan hormon yang meningkatkan kadar kortisol.

Hormon-hormon ini akan diinduksi ketika Anda memiliki ‘botol emosi’ dan memilih untuk membiarkannya keluar dengan menangis.

(Foto: DramaBeans)

Terlepas dari itu, ahli biokimia William Frey bahkan menemukan bahwa air mata yang diinduksi stres dapat menghilangkan segala jenis zat beracun dari tubuh. Karenanya, selama masa emosional dan stres, tubuh mengeluarkan zat-zat tersebut melalui tangisan.

Saat kadar kortisol, hormon yang diinduksi stres yang bertanggung jawab atas kenaikan berat badan dilepaskan melalui tangisan, tubuh tidak mungkin menyimpan lebih banyak lemak.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa hanya air mata yang dipicu oleh penyebab emosional akan mengambil manfaat dari penurunan berat badan.

Sebagai informasi, ada tiga jenis air mata:

  • Air mata basal: Air mata ini dianggap sebagai “air mata fungsional dasar” karena mereka membuat mata kita lembab.
  • Air mata refleks: Juga dikenal sebagai “air mata iritasi”, air mata ini disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan seperti merokok, angin kencang atau memotong bawang.
  • Air mata psikis: Tidak seperti di atas, jenis air mata ini terkait dengan perasaan dan emosi seseorang.

Dengan demikian, hanya air mata psikis yang akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Studi ini juga menunjukkan bahwa ada waktu tertentu ketika menangis ini efektif untuk menurunkan berat badan.

Menumpahkan air mata Anda antara jam 7 dan 10 malam adalah waktu terbaik bagi Anda untuk menangis.

Tidak ada yang suka menangis tetapi tampaknya, tangisan yang baik dari waktu ke waktu sebenarnya bermanfaat bagi Anda. Tonton film sedih atau menangisi hubungan yang rusak selama jam-jam ini jika Anda ingin menikmati fasilitas ini!(yant)

Sumber: Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular