Erabaru.net. Otoritas di Tiongkok telah memblokir Wikipedia, kata pemilik ensiklopedia online tersebut pada tanggal 15 Mei.

“Pada bulan April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di Tiongkok,” Samantha Lien, juru bicara serta pemilik Wikimedia Foundation, mengatakan dalam sebuah email.

“Setelah menganalisis secara cermat laporan lalu lintas internal kami, kami dapat memastikan Wikipedia diblokir di semua versi bahasa,” kata Samantha Lien.

Facebook, Twitter, Instagram, dan situs media sosial lainnya telah lama diblokir di Tiongkok.

Artikel Wikipedia individual mengenai isu sensitif, seperti protes pro-demokrasi tahun 1989 di Lapangan Tiananmen dan wilayah Himalaya di Tibet, telah lama diblokir di Tiongkok, meskipun situs utama dapat diakses.

Kecurigaan terhadap blokir Wikipedia secara total muncul pada akhir bulan April ketika beberapa pengguna internet Tiongkok menggunakan media sosial untuk mengeluh bahwa situs tersebut tidak dapat diakses lagi.

Uji yang dijalankan oleh GreatFire.org, sebuah organisasi yang melacak sensor internet di Tiongkok, mengungkapkan bahwa situs tersebut tidak dapat diakses dari dalam Mandarin sejak tanggal 23 April.

Administrasi Ruang Dunia Maya Tiongkok, yang mengawasi sensor internet Tiongkok, tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui faks.

Sejak tahun 2015, situs Wikipedia berbahasa Mandarin diblokir oleh “Great Firewall” Tiongkok, sehingga mencegah pengguna internet mengakses situs web asing tertentu.

Namun, sebagian besar Wikipedia dalam bahasa lain tetap dapat diakses, meskipun ada gangguan sesekali.

Samantha Lien mengatakan bahwa Wikimedia Foundation belum menerima pemberitahuan yang menjelaskan mengapa blokir tersebut diberlakukan.

“Ketika satu negara, wilayah, atau budaya tidak dapat bergabung dengan percakapan global di Wikipedia, seluruh dunia menjadi lebih miskin,” tambah Samantha Lien.

Otoritas internet di Tiongkok sering meningkatkan sensor sebelum peristiwa politik besar atau peringatan yang sensitif.

Bulan Juni ini akan menandai 30 tahun di mana tentara menggunakan kekuatan untuk menindas protes pro-demokrasi yang berpusat di sekitar Lapangan Tiananmen.

Bulan Mei menandai peringatan 100 tahun gerakan tanggal 4 Mei, yang dimulai sebagai protes mahasiswa terhadap imperialisme tetapi dengan cepat tumbuh menjadi protes luas terhadap rezim. Pihak berwenang telah lama memainkan unsur liberalisme politik dalam gerakan tersebut.

Akhir tahun ini, Tiongkok akan merayakan peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. (Josh Horwitz/ Vv)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular