Justin Trudeau bersikap lebih keras terhadap Tiongkok

Erabaru.net. Karena Tiongkok memblokir impor kanola dan produk Kanada lainnya saat Beijing meningkatkan serangan terhadap Kanada, rakyat Kanada perlu “bangkit menghadapi Tiongkok,” kata Rick Peterson, pendiri dan direktur kelompok pro-sumber daya Suits and Boots.

Kelompok tersebut, yang di masa lalu telah mengadakan kampanye pro-pipeline, telah meluncurkan kampanye baru, #StandUpToChina, untuk mendukung kanola dan industri lain yang terpukul sejak Tiongkok menghentikan impor produk Kanada setelah penangkapan kepala staf keuangan Huawei Meng Wanzhou.

“Sudah waktunya untuk mengakui bahwa bersikap sopan dan menonton apa yang terjadi secara diam-diam tidak akan menyelesaikan masalah,” kata Rick Peterson.

Rick Peterson mengatakan kelompok Suits and Boots didirikan oleh para profesional investasi seperti dirinya, yang mendukung “keluarga pekerja di sektor sumber daya,” dan tidak memiliki dana pemerintah atau perusahaan. Ia menggambarkannya sebagai gerakan akar rumput non-partisan dengan beberapa ribu pendukung di seluruh negeri tetapi terutama di Barat, berdasarkan jumlah orang yang telah mendukung kampanye online dan emailnya.

Sejak penangkapan Meng Wanzhou di Vancouver Desember lalu atas permintaan ekstradisi Amerika Serikat, Kanada menerima banyak langkah agresif oleh Beijing terhadap warganegara dan bisnis Kanada.

Tidak lama setelah penangkapan Meng Wanzhou, rezim Tiongkok menahan warganegara Kanada Michael Spavor dan Michael Kovrig – akhirnya secara resmi menangkap mereka minggu lalu dan menuduh mereka mencuri rahasia negara Tiongkok – dan menjatuhkan hukuman mati dua warganegara Kanada atas tuduhan terkait narkoba. Selain itu, ekspor kanola Kanada ke Tiongkok, bernilai lebih dari USD 2 miliar per tahun, telah diblokir, dan para eksportir produk lain termasuk daging babi, kacang polong, dan kedelai menghadapi semakin banyak hambatan untuk memasukkan produknya ke Tiongkok.

Rick Peterson mengatakan tanggapan Kanada sejauh ini adalah lunak, tetapi ia mencatat bahwa Perdana Menteri Justin Trudeau mengeraskan nadanya minggu ini.

Berbicara di Sept-Iles, Quebec, pada tanggal 21 Mei, Justin Trudeau mengatakan “Tiongkok bermain lebih kuat, membuat gerakan lebih kuat daripada sebelumnya untuk mencoba dan mendapatkan caranya sendiri di panggung dunia, dan negara-negara Barat serta negara-negara demokrasi di seluruh dunia bekerja sama untuk menunjukkan bahwa ini bukanlah sesuatu yang perlu kita terus biarkan.”

Warganegara Kanada Michael Spavor (kiri) dan Michael Kovrig saat ini sedang dalam penahanan di Tiongkok. (Foto AP)

Sejauh bagian kampanye #StandUpToChina, Suits and Boots meminta para pendukung untuk menghubungi duta besar dan konsul Tiongkok di Kanada dan memberitahu mereka bahwa perilaku Beijing tidak dapat diterima. Fase berikutnya dalam kampanye akan  menghubungi organisasi Kanada yang berbisnis dengan Tiongkok dan meminta mereka untuk bangkit menghadapi Tiongkok,” memberitahu mereka bahwa apa yang sedang terjadi tidak dapat berlanjut dan salah.”

Poster kampanye #StandUpToChina menunjukkan keluarga petani di ladang kanola berdiri di depan konvoi tank Tiongkok, sebuah singgungan kepada Pria Tank yang berdiri di depan tank di Beijing untuk memblokir jalan mereka selama pembantaian Lapangan Tiananmen pada tahun 1989.

“Pria Tank yang berdiri di depan tank-tank di Lapangan Tiananmen adalah simbol keberanian dalam menghadapi kekuatan yang luar biasa,” kata Rick Peterson, mencatat bahwa tanggal 4 Juni menandai peringatan 30 tahun pembantaian di Lapangan Tiananmen.

“Hari ini, Tiongkok adalah negara terbesar, paling kuat, dan paling agresif yang kita hadapi. Dibutuhkan keberanian untuk bangkit menghadapi Tiongkok dan mengatakan bahwa Tiongkok harus menghentikan ini, dan itulah yang kami usahakan untuk membuat pengikut kami lakukan dan untuk membela rakyat.”

Warganegara Kanada yang Berada di Tiongkok

Delegasi Kanada yang terdiri dari anggota parlemen dan senator saat ini berada di Tiongkok untuk mencari pembebasan Michael Kovrig dan Michael Spavor. Michael Kovrig dan Michael Spavor belum diizinkan memiliki perwakilan hukum dan sangat sedikit kunjungan konsuler oleh pejabat Kanada yang diberikan untuk mereka.

Delegasi Kanada dipimpin oleh anggota parlemen Liberal Robert Oliphant dan  sekretaris parlemen untuk Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland. Dalam sebuah wawancara dengan radio CBC, Chrystia Freeland mengatakan ia tidak dapat berbicara dengan rekannya dari Tiongkok meskipun telah berulang kali diminta.

“Ini adalah situasi yang mengerikan dan bagi kami sangat jelas bahwa kedua pria ini ditahan secara sewenang-wenang,” kata Chrystia Freeland.

Anggota Parlemen Konservatif Stephanie Kusie, seorang mantan diplomat, mengatakan para mantan diplomat dan diplomat yang masih aktif saat ini yang pernah menjadi rekannya telah mengatakan kepadanya bahwa Kanada memerlukan respons yang lebih efektif terhadap masalah ini.

“Saya benar-benar akan mendesak pemerintah Justin Trudeau untuk mengevaluasi kembali strategi globalnya untuk Kanada dan mempertimbangkan untuk kembali ke strategi berbasis prinsip daripada hanya menjadi reaktif,” kata Stephanie Kusie.

Permintaan komentar dari Urusan Global tidak dibalas pada saat pers. Awal bulan ini, juru bicara Guillaume Bérubé mengatakan dalam sebuah email bahwa “Kanada dan Tiongkok berbagi hubungan yang luas dan penting, dibangun di atas kerjasama di bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, bisnis, dan lingkungan. Hubungan ini tetap menjadi prioritas bagi Kanada.”

“Kami sangat prihatin dengan penahanan sewenang-wenang warganegara Kanada di Tiongkok. Kasus ini adalah prioritas bagi pemerintah kita,” tambah Guillaume Bérubé.

Mantan diplomat dan duta besar Kanada untuk Tiongkok telah mendesak Ottawa untuk mengambil sikap lebih keras terhadap Beijing, dengan beberapa komentator menyarankan Kanada untuk mengusir staf diplomatik Tiongkok atau menggunakan Undang-Undang Magnitsky yang baru untuk memberi sanksi kepada individu di Tiongkok yang bertanggung jawab atas penahanan sewenang-wenang terhadap warganegara Kanada.

Kanada telah mendesak sekutunya untuk menambah seruan meminta Tiongkok untuk melepaskan Michael Kovrig dan Michael Spavor. Awal bulan ini, Senat Amerika Serikat mengeluarkan resolusi untuk mendukung Kanada dan memuji Ottawa karena menegakkan aturan hukum dalam menangkap Meng Wanzhou. Pejabat Amerika Serikat, termasuk Sekretaris Negara Mike Pompeo, telah mengutuk penahanan Michael Kovrig dan Michael Spavor dan menyerukan Tiongkok  untuk membebaskan mereka. (Omid Ghoreishi/ Vv)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular