Erabaru.net. Sudah jam 2 pagi. Anda semua meringkuk di tempat tidur. Cuacanya sangat cocok untuk tidur yang nyenyak. Tapi ini masalahnya. Tidak peduli seberapa keras Anda berusaha, Anda tidak dapat tidur.

lustrasi. (Foto: Pixabay)

Kedengarannya seperti Anda atau seseorang yang Anda kenal? Jangan khawatir. Berikut adalah 7 hal yang dapat Anda lakukan sebelum tidur yang memungkinkan Anda untuk tidur nyenyak seperti bayi selama sisa malam Anda.

  • Tidur di lingkungan yang lebih dingin
  • Mandi air panas atau mandi
  • Singkirkan jam dari tempat tidur Anda
  • Minimalkan atau hindari kafein dan nikotin beberapa jam sebelum waktu tidur
  • Berolahragalah lebih awal di hari itu
  • Santaikan pikiran Anda (ideal untuk membaca buku)
  • Dapatkan setidaknya 30 menit paparan sinar Matahari di siang hari

Sekarang mari kita asumsikan Anda sudah mencoba masing-masing dari daftar di atas. Lebih buruk lagi, Anda lebih terjaga daripada burung hantu yang berteriak di luar jendela Anda. Apa yang kamu lakukan sekarang?
 
Ada teknik yang diduga digunakan oleh Angkatan Laut untuk membuat mereka (dan Anda) tertidur dalam 2 menit.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Untuk memulai, Anda harus rileks secara sistematis setiap bagian tubuh Anda. Ambil napas dalam-dalam, tutup mata Anda dan fokuskan pada wajah Anda.

Bayangkan setiap otot di wajah Anda menjadi tenang. Remas dan cubit wajah Anda jika mau. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengendurkan otot secara fisik sesudahnya. Hembuskan napas. Selanjutnya pindah ke bagian tubuh Anda.

Kencangkan dan rilekskan bahu, lengan, jari-jari Anda, turunkan dada, tungkai dan telapak kaki Anda. Ingatlah untuk selalu bernapas masuk dan keluar, dan fokus saat melakukan gerakan.
 
Setelah Anda menjelajahi seluruh tubuh, Anda fokus pada bagian terpenting; pikiran Anda. Tetapkan pikiran Anda ke dalam kondisi meditasi dan jernihkan pikiran Anda. Pada titik ini, pikiran Anda harus menjadi bejana kosong yang kosong dari segala pemikiran aktif.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Sekali lagi, jangan lupa untuk bernapas masuk dan keluar. Tubuh dan pikiran Anda sekarang harus terasa tenang dan ringan. 2 menit sudah habis dan Anda siap untuk tidur lelap.(yant)

Sumber: Goodtimes.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular