Erabaru.net. Anak-anak dengan kelainan genetik yang langka selalu ada. Beberapa orangtua dengan berani membesarkan putra dan putri mereka dengan kelainannya, ada yang malu dan menyembunyikannya, sementara yang lain menyingkirkan sepenuhnya keturunan mereka yang tidak diinginkan itu.

Dengan cara yang sama, beberapa memanfaatkan “keunikan” mereka untuk mendapatkan uang dalam sebuah pertunjukan sirkus yang saat itu sangat terkenal.

Ketika popularitas sirkus mulai turun drastis, sampai-sampai pria yang kuat dan pesenam tidak lagi begitu menarik, orang-orang mulai mendambakan emosional yang bahkan melewati batasan yang tidak menyenangkan.

Karena alasan itulah pertunjukkan monster dan fenomena unik mulai menjadi bisnis yang cukup menguntungkan; tetapi, tentu saja, itu bagi pemiliknya, bukan untuk para seniman (pemain) yang bekerja dalam program hiburan semacam itu.

Alice Doherty lahir pada tahun 1887 di Minneapolis dan menjadi satu-satunya gadis dengan diagnosis khususnya di Amerika Serikat: ternyata seluruh tubuhnya, dengan mata biru yang tajam, ditutupi rambut pirang yang panjangnya mencapai 5 sentimeter.

Bayi itu lahir dengan anomali langka: hipertrikosis; Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan rambut yang tidak terkendali di seluruh tubuh.

Cacat lahir ini sangat aneh karena tidak ada kasus serupa dalam keluarga Doherty.

Orangtuanya yang terpandang tidak menyingkirkan putri mereka; tetapi keprihatinan yang mereka rasakan padanya akhirnya menjadi minat komersial ketika gadis itu baru berusia 2 tahun, karena pada usia itu gadis kecil itu mulai mencari nafkah: sang ibu mulai mengekspos dalam sebuah pertunjukan yang fenomenal.

Alice Elizabeth Doherty dan keluarganya pada awal abad ke-20.

Orang-orang memberikan nama panggilan yang berbeda untuk merujuk pada kondisinya, di antaranya, misalnya: gadis berjanggut dari Minnesota, gadis berwajah anjing dan banyak lagi.

Temui Alice Elizabeth Doherty: Gadis berjanggut dari Minnesota.

Alice adalah “fenomena unik”, dia memasuki panggung dan menyebabkan minat yang luar biasa di antara para wanita yang suka menghadiri partunjukan.

Mereka menyentuh wajahnya dengan perhatian khusus, mereka membayangkan bahwa wajahn gadis ini bisa menjadi cantik jika bukan karena rambut yang menutupinya.

Beberapa orang bahkan curiga bahwa semuanya adalah lelucon dan bahwa ibu Alice telah menempel rambut-rambut itu di tubuhnya untuk menghasilkan uang.

Alice Elizabeth Doherty (14 Maret 1887 – 13 Juni 1933) lahir di Minneapolis dan satu-satunya orang yang diketahui menderita hipertrikosis lanuginosa di Amerika Serikat.

Alice tidak senang dengan pekerjaannya, tetapi dia terus melakukannya untuk mendukung keuangan keluarganya.

Dia meninggalkan sirkus pada tahun 1915 dan kemudian pindah ke Texas, di mana dia meninggal pada usia 46 tahun karena alasan yang tidak diketahui. Beberapa percaya bahwa cacat khusus padanya bisa membuatnya jauh lebih kaya, tetapi itu tidak terjadi pada dirinya.

Mungkin saja Alice jauh lebih apatis di atas panggung daripada “rekan-rekan” yang bergelimang dalam sinar kemuliaan pada masa itu.

Salah satu dari mereka, misalnya, adalah Stephan Bibrowski, yang lahir di Polandia pada tahun 1890.

Ibu anak itu percaya bahwa penampilan “singa” -nya adalah hasil dari serangan seekor singa yang nyata pada suaminya, yang dia saksikan selama kehamilannya.

Stephan baru berusia 4 tahun ketika ibunya menyerahkannya kepada seorang pengusaha Jerman yang membawanya tur keliling Eropa dan kemudian melintasi Amerika.

View this post on Instagram

@freaksofmoon Stephan Bibrowski (1890 Bielsk, Polonia – 1932 Germania). Conosciuto nel mondo circense come Lionel, L'Uomo Leone, per via della leggenda da lui stesso raccontata: la sua ipertricosi sarebbe infatti dovuta al trauma vissuto dalla madre in gravidanza vedendo il marito assalito da leoni scappati dal circo. Venduto dai genitori ad un impresario tedesco, iniziò ad esibirsi a soli 4 anni, per poi essere assoldato dal circo Barnum & Bailey con il quale fece il giro del mondo. A lui ispirato il personaggio di Lionel Sweeney nel film "Fur: An imaginary portrait of Diane Arbus" di Steven Shainberg del 2006. http://freaksshowitaly.altervista.org/freaks/78-2/?doing_wp_cron=1516557487.9847218990325927734375 #freak#freakshow#sideshow#stephanbibrowski#lionel#hipertricosis#gentelman#love#circus#barnum#barnum&bailey#coneyisland#newyork#oldpicture#bestpic#poland#germany#fur#dianearbus#shainberg#cinema#movie#venice#padova

A post shared by Freaks (@freaksofmoon) on

Program ini termasuk demonstrasi perilaku seperti “Hewan” yang diwakili oleh Stephan dan itu bukan benar-benar karakteristiknya.

Pada saat yang sama, ia melakukan trik senam dan berbicara kepada hadirin yang menunjukkan kebaikan dan sifat baiknya.

Pada saat kematiannya pada tahun 1932, pria berwajah singa ini, menjadi orang yang terkenal dan kaya.

View this post on Instagram

THRU NO CHOICE IF HIS OWN…Stephan Bibrowski, AKA "The Lion Faced Boy" was born with hair covering his entire body with the exception of his hands and the bottom of his feet. The hair on his face grew to 8" long. He was sold to a promoter when he was 4. This man adopted him, entered him into circus life, and provided him with the best schooling for 12 years. Stephan could speak 5 languages. He never married. He died at age 41 either from a heart attack, natural causes, or being in a concentration camp in Germany…(These camps were not established until 1933, a year after his death.) It is no wonder his death was a mystery! Artoria worked with him. #circus #circushistory #sideshow #ringlingbrothers #stephanbibrowski #lionfacedboy #noneofusareperfect #notforgotten #perseverance #artoriagibbons #fate #specialpeople

A post shared by Charlene Anne Gibbons (@charleneannegibbons) on

Di sisi lain, Alice bisa menjadi setenar dan sepopuler Stephan, tetapi kasusnya ternyata berbeda ia hidup dalam kemiskinan, meskipun ibunya berusaha menjadikannya “bintang”.

Mungkin wanita itu tidak punya pilihan lain atau mungkin ibunya tidak peduli dengan kehidupan dan kebahagiaan putrinya? Mana yang sebenarnya, kita tidak akan pernah tahu: bagaimana menurutmu?(yant)

Sumber: Fabiosa.es

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular