Erabaru.net. Sebuah tim NASA menemukan formasi pasir di Planet Mars yang bentuknya mirip dengan logo Star Trek ‘Starfleet’.

Gambar, yang ditangkap oleh kamera Eksperimen Pencitraan Resolusi Tinggi (HiRise) dari Mars Reconnaissance Orbiter (MRO), menunjukkan bukit pasir yang terletak di tenggara dataran Hellas Planitia di Planet Merah.

Dengan cepat formasi aneh ini disebarluaskan melalui jejaring sosial, menimbulkan semua jenis reaksi.

Salah satu akun yang merujuk pada temuan itu adalah kedutaan AS di Meksiko. “Kebenarannya ada di luar sana? NASA menemukan tanda Star Trek di Mars! “Mereka menulis.

Tentu saja, dalam publikasi yang sama mengklarifikasi bahwa sebenarnya lahar lah yang membekukan bukit pasir ini. “Tapi itu masih menarik,” tambah mereka.

Memang, portal khusus Science Alert merinci bahwa dahulu kala, Mars memiliki bukit pasir besar dalam bentuk setengah bulan, yang bergerak di area planet ini.

Pada suatu titik, letusan menyebabkan lava ini mengalir di atas dataran dan di sekitar bukit pasir, tetapi tidak di atasnya.

Setelah lava memadat, bagian-bagian ini tetap sebagai semacam “pulau”. Karena pengaruh angin, pasir mulai menyebar, meninggalkan formasi ini.

Di sisi lain, situs Omicrono menyatakan bahwa ini adalah contoh pareidolia, sebuah fenomena yang membuat kita melihat bentuk-bentuk yang dapat dikenali pada objek umum.

“Sebagai contoh, adalah alasan mengapa Anda melihat bentuk binatang di awan, atau wajah dalam bayang-bayang,” kata media tersebut.

Coba Anda lihat simbol Starfleet dalam Star Trek. Apakah Anda pikir mereka mirip?(yant)

Sumber: Bles.com

Share

Video Popular